Breaking News:

Update Virus Corona Mitra

Pemusnahan Alat Pelindung Diri di RSUD Mitra Sehat Gandeng Pihak Ketiga

Menelan anggaran miliaran rupiah, hanya sekali pakai saja dalam penggunaan tindakan terhadap pasien dan orang bergejala wabah ini.

Gio/tribun manado
Dirut RSUD Mitra Sehat dr Lusy Mewengkang dan Kadis Kesehatan Mitra dr Helny Ratuliu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Alat pelindung diri (APD) demi mencegah Covid-19 makin banyak dimusnakan.

Menelan anggaran miliaran rupiah, hanya sekali pakai saja dalam penggunaan tindakan terhadap pasien dan orang bergejala wabah ini.

Di RSUD Mitra Sehat, dari sebanyak 75 perawat, dokter dan pegawai hingga dirketur, penggunaan APD berupa masker dan sarung tangan menjadi kebutuhan keseharian selama melakukan aktifitas kerja dalam melayani pasien RS.

Pemusnahan APD tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra melakukan kontrak kerja bersama pihak ketiga, yakni perusahaan yang mengola sisa limbah APD tersebut.

Dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Mitra dr Helny Ratuliu saat dikonfirmasi hari ini Jumat (12/6/2020), sudah dilakukan kontrak kerja dengan pihak ketiga.

"Untuk pemusnahan APD, pihak kami telah melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Nantinya APD yang ditampung diangkut pihak perusahaan limbah," ujar Ratuliu.

Adapun tercatat hingga saat ini, ada sebanyak 20 kilo APD yang bakal dimusnahkan yang masuk dalam limbah RS.

Diaktakan Direktur Utama (Dirut) RSUD Mitra Sehat dr Lusy Mewengkang, APD bekas telah dipak dan tinggal menunggu jadwal kemudian diangkut pihak perusahaan yakni pihak ketiga.

"Setelah dihitung ada sebanyak 20 kilo APD yang didalamnya tergabung dari alat kesehatan seperti suntik dan alat kesehatan (alkes) lainnya," terang Mewengkang.

Diketahui, jadwal pengangkutan APD bekas tersebut, pihak RS berkoordinasi dengan pihak RSUP Ratatotok juga RS Budi Setia.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved