Breaking News:

Update Virus Corona Talaud

Status Zona Kuning, Talaud Berencana Buka Rumah Ibadah

Sosialisasi edaran itu juga dilakukan gugus tugas dan pemkab Talaud hingga ke pulau-pulau terluar ada Miangas.

Istimewa
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepualauan Talaud dr Kerry Monangin. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TALAUD - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr Kerry Monangin, sudah mengetahui daerah yang di komandani Bupati Elly Lasut dan Wakil Bupati Mocthar Parapaga berstatus zona kuning terkait pandemi Covid 19.

Namun demikian, dr Kerry menjelaskan sejak awal sebelum ada yang namanya zonasi wilayah kabupaten kota se Provinsi Sulut pihaknya sudah dan terus melakukann protap pencegahan penyebaran Covid 19 di Bumi Porodisi.

"Hal-hal yang telah dan terus akan kami lakukan, seperti screnin di pintu masuk pelabuhan penyeberangan dan pelabuhan laut penumpang. Lalu melakukan tracing, pemeriksaan rapid test untuk kelompok yang kedapatan beresiko termasuk tenaga kesehatan," jelas Kerry diwawancarai melalui sambungan telpon Tribunmanado.co.id, Rabu (10/6/2020).

Terkait dengan sejumlah aktifitas atau kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan yang sempat terhenti, menghadapi tatanan new normal oleh ketua gugus tugas percepatann penanggulangan Covid 19 di Taluad yaitu Bupati Elly Lasut.

Sudah melakukan rakor (rapat koordinasi) beberapa kali dengan forkompimda dengan tokoh agama, organisasi gereja dan mesjib dua kali serta rapat biacarakan persiapan untuk menghadapi tatanan baru atau new normal.

"Kesepakatannya dari hasil rapat itu, berdasarkan edaran mentri agama, menpan, menteri Kesehatan dan lainnya, di kolaborasikan pokok pikiran serta analisa gugu tugas akhirnya Pak bupati terbitkan ederan untuk kembalikan produktitas kinerja dan roda perekonomian," jelasnya.

Surat edaran itu tengah disosialisasikan langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Elly Lasut, didalamnya tugas di pemerintahan, tempat kermaian, pusat perekonimian, pesar, tempat ibadah, angkutan massal, sudah dimasukkan dalam edaran secara rinci dituangkan untuk bagaiman akan kembali bergeliat.

Sosialisasi edaran itu juga dilakukan gugus tugas dan pemkab Talaud hingga ke pulau-pulau terluar ada Miangas.

Dengan harapan sepekan setelah tahap sosialisasi, apa yang diharapkan masyarakat dan pemerintah bisa jalan baik kemudian hari terkait menerapkan atau memberlakukan kegiatan yang sempat terhenti.

 "Tentunya tetap memperhatikan dan melakukan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak 1 sampai 2 meter, memakai masker saat keluar rumah, tidak berkerumun, cuci tangan di air mengalir pakai sabun, selalu bawa hand sanitizer dan lainnya," pesannya.

Dia menambahkan untuk aktifitas ibadah di rumah ibadah Gereja mulai hari Minggu (14/6/2020) dan Mesjid mulai hari Jumat (12/6) direncakan akan kembali di buka dengan menerpkan prokol kesehatan yang ada.(crz)

BERITA TERPOPULER :

 Wali Kota Jakarta Timur Ancam Lapor ke Anies Baswedan, Geram Karena Pasar Tak Ditutup

 Aktivitas Belajar di Sekolah Kembali Normal, Dikbud: Tetap Terapkan Protap Kesehatan Covid-19

 Masih Ingat Pembunuhan Wanita Bertato Burung Hantu? Begini Perkembangan Terkini Penanganan Kasusnya

TONTON JUGA :

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved