Info Kesehatan

Antara Daging Sapi, Ayam, dan Ikan Mana yang Paling Rentan Picu Kolesterol Tinggi?

Kolesterol yang dapat diatur dalam kadar yang sesuai sebenarnya baik untuk tubuh dalam membantu membangun se-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi

Istimewa
Pedagang daging sapi di sebuah pasar 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab kelebihan kolesterol dalam tubuh.

Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, tentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit serius.

Untuk mencegah kemungkinan buruk itu terjadi, maka siapa saja dianjurkan selalu menjaga pola makan dengan baik, termasuk mengurangi konsumsi produk pangan hewani yang terbukti mengandung kolesterol.

Beberapa dari Anda mungkin pernah menyimpan pertanyaan, mengenai lebih tinggi mana kandungan kolesterol pada daging sapi, daging ayam, telur, ikan, atau kerang, sebagai acuan pola makan yang sehat.

Hal itu memang baik diketahui, mengingat makin tinggi kandungan kolesterol pada makanan yang dikonsumsi, maka kian tinggi pula risiko seseorang mengidap masalah kolesterol tinggi.

Melansir Buku Panduan Praktis Memilih Produk Daging (2003) oleh Ir. Burhan Bahar, di antara daging sapi, daging ayam, dan ikan, ikan adalah produk pangan hewani yang paling rendah mengandung kolesterol.

Dalam 100 gram ikan, hanya mengandung kolesterol 50-60 mg.

Bisa Turunkan Kolesterol, Berikut Beberapa Ragam Makanan Kaya Fitosterol

Sementara, daging sapi dan daging ayam mengandung kolesterol yang relatif sama besar, yakni mencapai 60-120 mg per 100 gram.

Dibanding daging sapi dan daging ayam, kandungan kolesterol pada telur malah bisa lebih tinggi.

Kandungan kolesterol pada telur tercatat bisa mencapai 450 mg per 100 gram.

Halaman
1234
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved