News

China Siapkan Kebijakan Hainan Sebagai Gantinya Karena Hong Kong Dirongrong Terus Amerika Serikat

China telah meluncurkan paket kebijakan khusus untuk Hainan, termasuk menghapus bea impor, dalam upaya untuk mengubah pulau tropis ini

Bambang Putranto
Hong Kong 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kian memanasnya AS dan China soal Hong Kong.

Sebelumnya diketahui Pihak Amerika Serikat memulai proses penghapusan hak Istimewa Hong Kong.

Terkait hal tersebut dilakukan untuk menghukum China karena telah membuat Undang-undang untuk Hong Kong hingga terjadi aksi protes dari masyarakat.

Memanasnya Militer India dan China di Perbatasan, Tiongkok Mulai Latihan Perang untuk Siap Tempur

PM Kanada Justin Trudeau Kehabisan Kata-kata Tanggapi Cara Donald Trump Hadapi Pendemo George Floyd

Respon Mabes Polri Terkait Foto dan Video Pelayanan SIM yang Membeludak

Hong Kong
Hong Kong (Istimewa)

China telah meluncurkan paket kebijakan khusus untuk Hainan, termasuk menghapus bea impor, dalam upaya untuk mengubah pulau tropis ini menjadi jawaban daratan ke Hong Kong atau Singapura dan mengurangi risiko decoupling dengan Amerika Serikat.

Dilansir South China Morning Post, Beijing menguraikan rencananya untuk menjadikan pulau seluas 35.000 km persegi itu sebagai pelabuhan perdagangan bebas dengan menurunkan tarif pajak penghasilan untuk individu dan perusahaan terpilih menjadi 15%, dan melonggarkan persyaratan visa untuk turis dan pelancong bisnis.

Provinsi pulau berpenduduk 9,5 juta jiwa ini juga akan menikmati kebebasan dalam hal perdagangan, investasi, aliran modal, dan pergerakan orang dan data pada tahun 2035, karena bergerak menuju menjadi pusat pengaruh internasional yang kuat pada pertengahan abad ini.

Proyek untuk membuat Hainan, yang mencakup area seluas 30 kali dari Hong Kong ini menjadi pusat perdagangan, perbelanjaan dan pengiriman regional telah direncanakan, diatur dan dipromosikan oleh Xi Jinping secara pribadi.

Xi mengumumkan pada April 2018 bahwa pulau yang juga jadi tujuan liburan populer ini akan dijadikan zona perdagangan bebas terbesar di negara itu. 

Bahkan pemerintah Hainan telah mengirim delegasi ke Hong Kong, Singapura dan Dubai untuk mempelajari praktik perdagangan bebas.

Cetak biru terperinci juga telah dirilis saat ancaman decoupling antara ekonomi AS dan Cina tumbuh, dengan ketegangan antara kedua negara meningkat di berbagai bidang di luar perdagangan.

AS mengatakan berencana untuk melepaskan status perdagangan khusus Hong Kong pekan lalu setelah Beijing bergerak dengan rencana untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional baru di pusat keuangan Asia ini.

Ilustrasi China dan Amerika
Ilustrasi China dan Amerika (Matamatapolitik)

Penghapusan penunjukan ini dapat berarti ekspor Hong Kong akan dikenakan tarif AS yang sama dengan China daratan dan mengancam status pelabuhan kota dan bisnis re-ekspor, yang telah mendapat manfaat dari bea masuk yang rendah dalam perdagangan dengan AS.

Meskipun tidak ada menyebutkan Hong Kong atau Singapura, jelas Beijing sedang meniru beberapa kebijakan yang telah membuat negara-negara tersebut sukses.

Termasuk tarif pajak penghasilan dibatasi sebesar 15% yang jauh lebih rendah daripada China daratan dan lebih dekat ke tingkat 17% yang diberlakukan di Hong Kong.

Memanasnya Militer India dan China di Perbatasan, Tiongkok Mulai Latihan Perang untuk Siap Tempur

Catat Waktunya, 4 Juni Pukul 00.42 WIB Ada Fenomena Langit Konjungsi Inferior Venus

Begini Cara Menyembuhkan Penyakit Asma Secara Alami Tanpa Obat

Artkel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul " Hong Kong terus dirongrong Amerika, China siapkan Hainan sebagai penggantinya "

Editor: Glendi Manengal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved