Internasional

Mahathir Tak Lagi Menjadi Anggota Partai, Muhyiddin: Saya Berharap yang Terbaik Untuknya

Dia menambahkan dalam siaran pers pada hari Sabtu (30/5/2020) bahwa Mahathir Mohamad dan para pendukungnya tidak dipecat dari Bersatu.

Google.com
Perdana Menteri Malaysia ke-8 Tan Sri Muhyiddin Yassin 

TRIBUNMANADO.CO.ID, PETALING JAYA - Partai Bumi Bersatu Malaysia (Bersatu) mengucapkan doa terbaik bagi Mahathir Mohamad.

Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia yang juga sekaligus presiden partai Muhyiddin Yassin.

“Kami benar-benar kecewa dengan keputusan yang dibuat oleh Mahathir untuk tidak bersama kami dalam perjuangan sebagaimana diputuskan oleh dewan tertinggi. Mahathir dan para pengikutnya memutuskan untuk bekerja sama dengan Pakatan (Harapan) terlepas dari keputusan partai yang menentangnya. Jika itu keputusan Mahathir, saya berharap yang terbaik untuknya," jelas Muhyiddin seperti yang dilansir The Star.

Muhyiddin juga mendesak anggota Bersatu untuk merapatkan barisan dalam rangka memperkuat pemerintahan Perikatan Nasional saat ini.

Ia menambahkan dalam siaran pers pada hari Sabtu (30/5/2020) bahwa Mahathir Mohamad dan para pendukungnya tidak dipecat dari Bersatu.

Alih-alih, Muhyiddin mengatakan keanggotaan partai dari lima dibatalkan karena mereka menentang arah partai.

Demi ketenangan di antara anggota Bersatu, Muhyiddin mengatakan dia tidak pernah membuat keputusan tergesa-gesa tentang masalah ini, meskipun dia ditekan oleh banyak orang untuk mengambil tindakan terhadap lima anggota.

"Saya ingin bersikap adil kepada semua orang dan memastikan bahwa tindakan apa pun yang diambil harus berdasarkan pada konstitusi partai. Tidak ada yang bisa berada di atas konstitusi partai," katanya seperti dikutip The Star.

Sebelumnya, pada Kamis (28/5/2020), sepucuk surat oleh Sekretaris Pelaksana Bersatu Suhaimi Yahya dikirim kepada Mahathir, Mukhriz Mahathir, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, Maszlee Malik dan Amiruddin Hamzah, memberi tahu mereka bahwa mereka tak lagi menjadi anggota partai.

Alasan yang diberikan adalah mereka telah duduk di bangku oposisi pada saat rapat Dewan Rakyat tanggal 18 Mei 2020.

Surat Suhaimi mengatakan bahwa kelimanya dipecat sesuai dengan Klausul 10.2.2 pasal 10.2.3 dari konstitusi partai Bersatu.

Menurut Bagian 10.2.2 dan 10.2.3, keanggotaan anggota akan diakhiri secara otomatis melalui tindakan mengumumkan keluarnya mereka dari partai dan mengambil bagian atau bergabung sebagai anggota partai politik lain di negara ini.

Dalam sebuah surat oleh Panitera Masyarakat tanggal 5 Mei 2020, dikatakan bahwa Mahathir tidak lagi ketua partai, setelah pengunduran dirinya sebagai ketua partai dan perdana menteri pada 24 Februari 2020.

Namun, Mahathir, dalam konferensi pers pada hari Jumat (29/5/2020), menyatakan bahwa dia masih ketua partai dan bahwa dia ingin memecat Muhyiddin dari Bersatu.(*)

Artikel ini telah tayang di KONTAN dengan judul PM Malaysia ucapkan perpisahan ke Mahathir: Doa terbaik untuknya.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved