Pilkada Serentak

Nasib Pilkada Serentak Sulut Masih Menggantung, KPU Sulut Masih Tunggu Perubahan PKPU

Meski begitu, Mewoh mengatakan KPU Provinsi Sulut, siap menindak lanjuti jika memang sudah ditetapkan PKPU

don papuling/tribun manado
Ketua KPU Sulut Dr Ardiles Mewoh 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tarik ulur pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 270 daerah se-Indonesia, antara pemerintah pusat dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, membuat nasib Pilkada di Sulut, masih menggantung.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Sulut, Dr Ardiles Mewoh saat dikonfirmasi Senin (25/5/2020) mengatakan hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut tentang kepastian pelaksanaan Pilkada di tujuh kabupaten/kota serta pemilihan gubernur.

"Sebab kita tetap harus menunggu adanya perubahan PKPU mengenai jadwal dan tahapan Pilkada, sehingga akan sulit menentukan kapan kepastian pelaksanaan Pilkada serentak," ucapnya.

Meski begitu, Mewoh mengatakan KPU Provinsi Sulut, siap menindak lanjuti jika memang sudah ditetapkan PKPU terkait jadwal dan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak.

"Entah itu tetap berlangsung Desember atau ditunda, kita siap mengikuti instruksi, jika memang sudah ada. Untuk sekarang, pastinya kami masih menunggu hingga selesai perubahan PKPU," tandasnya.

Diketahui sebelumnya kementrian dalam negeri (Kemendagri) telah mengusulkan bahwa pemungutan suara dalam Pilkada serentak, tetap akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020

Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar Jumat (22/5/2020) mengatakan, pandemi Covid-19 tidak dapat diprediksi keberlangsungannya hingga sampai kapan.

Di sisi lain, tuntutan keberlangsungan proses demokrasi harus tetap berjalan. ”Kita harus optimistis bahwa kita bisa melaksanakan pilkada ini,” ujarnya

Bahtiar menyebut jajaran pemerintah seperti kementerian kesehatan hingga gugus tugas penanggulangan Covid-19, siap mendukung pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik menambahkan, pihaknya sudah mengkaji pemilu secara global pada masa pandemi.

Halaman
123
Penulis: Don Ray Papuling
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved