Breaking News:

News

Perusahaan China Diberi Sanksi AS dan Melarang Lakukan Bisnis dengan Perusahaan Tiongkok

Jatuhkan sanksi ke perusahaan logistik yang berbasis di China yang dituduh bertindak atas nama Mahan Air yang masuk daftar hitam,

Shutterstock
Amerika Serikat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabarnya dari Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi ke perusahaan logistik yang berbasis di China yang dituduh bertindak atas nama Mahan Air yang masuk daftar hitam, dan mengecam penerbangan maskapai Iran itu ke Venezuela.

Disampaikan dari Departemen Keuangan AS menyatakan, Shanghai Saint Logistics Limited bertindak sebagai agen penjualan umum untuk Mahan Air, yang Washington masukkan ke daftar hitam pada 2011 karena mendukung Garda Revolusi Islam Iran.

Terkait hal tersebut, sanksi yang Departemen Keuangan AS berikan pada Selasa (19/5) membekukan aset Shanghai Saint Logistics yang ada di negeri uak Sam dan melarang orang Amerika Serikat melakukan bisnis dengan perusahaan dari Tiongkok tersebut.

Tantang Provokasi China, Kapal Induk AS Theodore Roosevelt Siap Berlayar Pekan Depan

China Marah AS Harus Tanggung Konsekuensinya, Mike Pompeo Beri Selamat Kepada Presiden Taiwan

Pendeta di Kamerun Pernah Klaim Bisa Sembuhkan Pasien Virus Corona, Kini Meninggal Karena Covid-19

China dan AS
China dan AS (kompas.com)

“Ini berfungsi sebagai pengingat lain bagi perusahaan yang masih menyediakan layanan untuk Mahan Air, di RRC atau di mana pun,  ada risiko sanksi AS," kata Menteri Luar Negeri  AS Mike Pompeo, Selasa (19/5), seperti dikutip Reuters.

Beijing pada Rabu (20/5) menyebut sanksi tersebut "ilegal" dan mengatakan, AS harus "memperbaiki kesalahannya".

"Adalah sah dan sah bagi pihak-pihak dalam komunitas internasional untuk terlibat dalam kerjasama yang saling menguntungkan dengan Iran sesuai dengan hukum internasional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian seperti dilansir Reuters.

Departemen Keuangan AS menyebutkan, Mahan Air mengoperasikan penerbangan charter ke Venezuela untuk teknisi dan peralatan teknis Iran menggunakan bahan-bahan yang bersumber dari China untuk mendukung Presiden Nicolas Maduro.

Dan, Pemerintah Venezuela membayarnya dengan emas batangan dari Bank Sentral Venezuela.

"Rezim Iran menggunakan Mahan Air untuk mendukung rezim tidak sah dan korup di Venezuela," kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

AS dan lusinan negara lain mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai Presiden sementara tahun lalu.

Tetapi, Maduro tetap berkuasa, dengan dukungan militer Venezuela serta Rusia, China, Kuba, dan Iran.

AS juga menerapkan sanksi terhadap Iran yang ditujukan untuk menahan kekuatan regionalnya di Timur Tengah, langkah-langkah yang negeri uak Sam berlakukan kembali setelah Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional dengan Teheran.

Seorang pejabat senior AS mengatakan kepada Reuters pekan lalu, Pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan langkah-langkah yang bisa diambil sebagai tanggapan atas pengiriman bahan bakar oleh Iran ke Venezuela yang dilanda krisis.

China Marah AS Harus Tanggung Konsekuensinya, Mike Pompeo Beri Selamat Kepada Presiden Taiwan

Tantang Provokasi China, Kapal Induk AS Theodore Roosevelt Siap Berlayar Pekan Depan

Produk dari China Tak Mau Dibeli Konsumen AS Sebaliknya Tiongkok Ogah Beli Produk Made in USA

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul " Berbisnis dengan Iran, AS jatuhkan sanksi ke perusahaan logistik China "

Editor: Glendi Manengal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved