Megawati Instruksikan Olly Cs, Pertahankan Kedaulatan Pangan Indonesia

Megawati menyebut, pandemi Covid-19 membawa pelajaran berharga bagaimana Indonesia harus berdikari di bidang ekonomi, termasuk kesehatan dan pangan.

ISTIMEWA
Cuplikan foto-foto rapat virtual Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan para kepala daerah PDIP, Senin (11/5/2020). Rapat membahas politik pangan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pandemi Covid-19 membawa dampak yang tidak ringan.

Ketahanan pangan akan menjadi modal utama menghadapi dampak yang akan terasa pada beberapa waktu mendatang.

Hal itu ditekankan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam rapat DPP bersama para kader kepala daerah PDIP, Senin (11/5/2020).

Rapat digelar secara virtual melalui telekonferensi video.

Ketua DPD PDIP Sulawesi Utara bersama Sekretaris DPD Frangky Wongkar turut mengikuti rapat yang secara khusus membahas politik pangan tersebut.

Megawati menyebut, pandemi Covid-19 membawa pelajaran berharga bagaimana Indonesia harus kedepankan semangat berdikari di bidang ekonomi, termasuk di bidang kesehatan dan pangan.

Gubernur Olly dan Ibu Rita Ajak Masyarakat Tanam Jahe, Konsumsi Jahe Perkuat Imun Tubuh

“Politik berdaulat di bidang pangan dengan cara berdikari, melalui kebijakan hulu-hilir, dimulai dari penelitian, pengembangan benih unggul, sarana dan prasarana untuk peningkatan produksi, pengolahan hasil, hingga pemasaran,” ujar Megawati sebagaimana disampaikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Perhatian Megawati Soekarnoputri terhadap pertanian memang sangat besar.

“Bu Mega memiliki koleksi umbi-umbian yang sangat lengkap, juga buku-buku pertanian. Beliau juga tercatat sebagai Presiden yang paling sering mengunjungi Pusat Penelitian Benih Padi Sukamandi, Jawa Barat. Karena itulah seluruh kepala daerah kami wajib mengedepankan politik pangan berdikari tersebut dan sekaligus berjuang bagi peningkatan kesejahteraan petani dalam pengertian luas. Untuk itu sejak tanggal 28 Maret 2020 yang lalu, Ibu Mega sudah menginstruksikan agar seluruh kepala daerah PDI Perjuangan mencanangkan gerakan menanam tanaman yang bisa di makan seperti sorgum, umbi-umbian, sagu, talas, sukun, jagung, porang, ketela dan lain-lain.”

Dalam telekonferensi tersebut para kepala daerah PDI Perjuangan juga berkomitmen untuk saling bekerja sama terutama melalui penelitian benih, kerja sama dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian, peningkatan produksi, pemasaran, dan komitmen untuk menghadirkan lumbung desa, badan usaha milik desa, pasar lelang komoditas, serta menggerakkan rakyat di dalam gerakan menanam tersebut.

Gubernur Olly: Menanam Sekarang Hasilnya Akan Dipanen Nanti

Seluruh instruksi Megawati Soekarnoputri berangkat dari apa yang disampaikan oleh Bung Karno, bahwa persoalan pangan adalah “urusan hidup matinya sebuah bangsa”.

Karena itulah pengembangan penelitian di sektor pertanian harus dilakukan secara progresif sebagai penopang dari hulu untuk mewujudkan kedaulatan di bidang pangan. (max)

Bersiap Longgarkan Lockdown, Kasus Corona di India Malah Melonjak, 4.213 dalam Sehari

Arab Saudi Mulai Berlakukan Langkah-langkah Penghematan, Juga Naikkan PPN Tiga Kali Lipat

THR ASN Cair 15 Mei: Menaker Imbau Pengusaha Bayarkan THR Tepat Waktu

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved