Virus Corona

Nadiem Soal Corona: Akibat Masukan Para Ilmuan Tidak Diperhatikan

Nadiem Makarim menilai pandemi corona dapat dijadikan momentum untuk mentransformasikan hasil penelitian di dunia riset.

Kompas.com
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabarnya dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menilai pandemi corona dapat dijadikan momentum untuk mentransformasikan hasil penelitian di dunia riset.

Saat ini wabah virus corona memang sudah menjadi pusat perhatian saat ini, tapi sebenarnya sebelum pandemi covid-19 ini terjadi para ilmuan-ilmuan sudah meprediksi bahwa dimasa depan hal seperti ini akan terjadi, dan inilah yang terjadi karena tidak menaruh perhatian kepada para ilmuan.

Nadiem menyebut dampak yang ditimbulkan oleh corona, merupakan akibat manusia yang tidak menaruh perhatian kepada masukan dari para ilmuwan.

Saat Pandemi Virus Corona Pejabat Boleh Keluar Kota, Membuat Warga Sinis

Terancam Diusir dari Hunian karena Tak Mampu Bayar Sewa, Pemerintah Diminta Perhatikan Rakyat

"Betul, dan ini merupakan kesempatan emas di mana dunia sudah melihat apa risikonya jika kita tidak mendengar para ilmuwan. Kalau kita tidak mau menaruh kepercayaan kita kepada dunia misalnya sains, riset dan kesehatan," ucap Nadiem dalam diskusi virtual, Rabu (6/5/2020).

Mantan CEO Gojek ini menyebut saat ini adalah kesempatan untuk menerapkan hasil penelitian di dunia riset kepada penanganan pandemi corona. Terutama penelitian di dunia pendidikan tinggi.

"Menurut saya ini kesempatan emas untuk kita mentransformasi riset misalnya di pendidikan tinggi kita tapi fokus kepada apllied research kepada research yang bisa diterapkan di dunia nyata," tutur Nadiem.

Dirinya mengajak agar para peneliti tidak hanya melakukan riset, tapi juga dapat mengaplikasikan hasil penelitiannya termasuk dalam penanganan pandemi corona.

Menurutnya, pengaplikasian hasil riset sangat penting untuk membantu masyarakat. Agar hasil riset dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

"Jadinya kita jangan, akademia itu jangan menciptakan riset hanya untuk mengadvance knowlegde saja, tapi relevansi dan aplikasi dari knowlegde itu dari sisi public private atau sosio sektor itu harus berguna," tutur Nadiem.

Nadiem menilai hal tersebut merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan mandat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Nadiem Soal Corona: Dunia Sudah Melihat Risikonya Jika Tidak Mendengar Ilmuwan"

Washington DC Jadi Pusat Wabah Virus Corona di Amerika Serikat dan Tertinggi di Dunia

Tom Cruise Diajak NASA Syuting Film Langsung di Luar Angkasa

Temuan Kasus Covid-19 di Swedia Kemungkinan Awalnya pada Bulan November 2019

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Nadiem Soal Corona: Dunia Sudah Melihat Risikonya Jika Tidak Mendengar Ilmuwan"

Editor: Glendi Manengal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved