Breaking News:

Update Virus Corona Sulut

Mandi di Pantai dan Tak Patuhi Imbauan Terkait Pencegahan Covid-19, 3 Tersangka Diproses Hukum

Polres Manado menggelar jumpa pers terkait tindak pidana terhadap kekuasaan umum yakni tak mengindahkan imbauan terkait pencegahan penyebaran Covid-19

Penulis: Dewangga Ardhiananta | Editor: David_Kusuma
tribun manado / Dewangga Ardhiananta
Polresta Manado Gelar Konferensi Pers 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manado menggelar jumpa pers terkait tindak pidana terhadap kekuasaan umum yakni tidak mengindahkan imbauan terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel saat jumpa pers di Mapolresta Manado, Selasa (14/4/2020).

"Kita akan mengekspos kasus yang beberapa hari lalu viral di media sosial. Yang terjadi pada hari Minggu tanggal 12 April 2020 kemudian TKP di Pantai Jangkar Sandar di Kelurahan Titiwungen Selatan, Kecamatan Sario," kata dia.

Lanjutnya, kronologis kejadian awalnya petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada sebuah kelompok orang yang berkumpul di pantai untuk mandi-mandi dan cukup banyak masyarakat yang berkumpul.

Pilkada Serentak Disepekati 9 Desember 2020, KPU Sulut Tunggu Petunjuk Pusat

Oleh sebab itu, sebagaimana kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19, anggota Polri dan Satpol PP mendatangi masyarakat yang sedang berkumpul dan mengimbau untuk kembali ke rumah masing-masing.

"Karena social distancing ini tidak berjalan sehingga kita mengimbau mereka untuk kembali," ungkapnya.

Namun, kemudian ada beberapa warga yang justru tidak mengindahkan apa yang disampaikan oleh pihak kepolisian maupun Satpol-PP.

Gubernur Keluarkan Pergub Optimalisasi Pencegahan Covid-19, Batasi Aktivitas Warga, Siapkan Bantuan

"Bahkan melakukan argumen berlawanan dengan petugas yang memberikan imbauan sehingga video itu viral dan berdasarkan informasi yang kita dapat itu kita melakukan penyelidikan," ucap Kapolresta Manado.

Sebutnya, ada tiga orang yang sementara ditetapkan sebagai tersangka yakni inisial I, HI alias Ando dan HP.

"Dan tiga orang ini kita tetapkan sebagai tersangka dengan Pasal 218 KUHP," ujarnya.

7 Jemaah Tabligh Positif Covid-19 dari Rapid Test, Usai Pertemuan di Gowa, Keluarga Ikut Diperiksa

Ketua DPRD Bitung, Bantu Bahan Pangan ke Warga Terdampak Covid-19

Ia mengatakan, dari pasal ini ancaman hukuman yang ditetapkan yaitu 4 bulan 2 minggu dan tentunya ada sanksi hukum di sana, semua dalam proses penyelidikan

"Ini pidananya ialah tidak mengindahkan perintah pejabat Kepolisian dan pihak lainnya yang sudah diimbau dua kali tetapi tidak diindahkan maka sanksinya seperti ini," tutup dia.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved