Update Virus Corona Dunia

Para Peneliti di Inggris Akan Latih Anjing Mengendus Virus Corona

Uji coba pendeteksian virus corona dengan menggunakan kemampuan penciuman anjing akan dilakukan oleh Medical Detection Dogs Inggris.

westvet
Medical Detection Dogs Inggris bekerja sama dengan Durham University dan London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM), akanmelakukan uji coba pendeteksian virus corona dengan menggunakan kemampuan penciuman anjing. 

TRIBUNMANADO.CO.ID,LONDON- Para peneliti melakukan uji coba pendeteksian virus corona dengan menggunakan kemampuan penciuman anjing.

Penelitian ini dilakukan oleh Medical Detection Dogs Inggris bekerja sama dengan Durham University dan London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM).

"Pada prinsipnya, kami yakin bahwa anjing dapat mendeteksi Covid-19."

"Kami sekarang sedang mencari tahu bagaimana dapat menangkap 'bau' virus corona dari pasien yang terinfeksi, kemudian menunjukkannya kepada anjing," ungkap Dr.Claire Guest, CEO Medical Detection Dogs, seperti dikutip dari Fox, Senin (30/3/2020).

Jika anjing dapat mendeteksi virus corona, diharapkan hal ini dapat membantu pihak berwenang untuk mengetahui jumlah kasus positif Covid-19.

Mereka juga berharap, hal ini dapat membantu orang yang terinfeksi agar mendapat perawatan dengan lebih cepat, terutama bagi orang lanjut usia dan pasien dengan penyakit penyerta.

Diberitakan New York Post, Senin (30/3/2020), Medical Detection Dogs sudah terbiasa melatih anjing untuk mengenali pasien malaria, kanker, dan Parkinson, karena setiap penyakit memiliki aroma sendiri.

Kepala Departemen Pengendalian Penyakit di LSHTM Profesor James Logan mengatakan bahwa penelitian membuktikan anjing dapat mendeteksi infeksi malaria dengan bau dengan tingkat akurasi sesuai dengan standar diagnostik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Guest pun menambahkan, penciuman anjing dapat mendeteksi perubahan paling minim dalam suhu kulit, sehingga jika seseorang mengalami demam, anjing-anjing ini dapat mengetahuinya.

"Tujuannya adalah agar anjing dapat mengendus gejala apa pun, termasuk jika pasien tidak menunjukkan gejala. Cara ini akan cepat, efektif, dan non-invansif," ujar Guest.

Ini bukan berarti anjing pasti dapat mendeteksi aroma virus corona baru penyebab Covid-19.

Namun ahli yakin, anjing-anjing dapat dilatih unuk mengendus kesamaan bau virus corona dari pasien yang terinfeksi.

Nantinya, tes penciuman bau corona anjing akan dicocokkan dengan hasil tes Covid-19 dari laboratorium untuk melihat apakah hasilnya akurat atau tidak.

Lawan Covid-19, Pertamina Galakkan Penyemprotan Disinfektan di SPBU Manado

Inilah 10 Tanda Perempuan Bertubuh Sehat, Siklus Haid Teratur Hingga Mata Normal

7 Pekerja Asal China Diadang Warga Nagan Raya, Hendak ke PLTU Milik Swasta Tumpangi Mini Bus

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lawan Covid-19, Anjing di Inggris akan Dilatih Mengendus Virus Corona".
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved