Berita Bitung

Warga Korban Banjir di Bitung Senang Dapat Bantuan Pemprov Sulut

Sejumlah warga di lokasi terdampak musibah banjir di Kota Bitung, Jumat (20/3/2020), mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulut

Tribun manado / Christian Wayongkere
Warga yang terdampak musibah bencana banjir Jumat pekan lalu di Bitung dapat bantuan dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan wakil gubernur Steven Kandouw melalui Kepala Biro pengadaan barang dan jasa Jemmy Ringkuangan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejumlah warga di lokasi terdampak musibah banjir di Kota Bitung, Jumat (20/3/2020), mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey dan wakil gubernur Steven Kandouw, Selasa (24/3/2020).

Senyum kebahagiaan terpancar dari raut wajah mereka ketika menerima bantuan berupa perlengkapan tidur atau kasur, telur, mie instan, beras dan air minum diserahkan oleh Olly dan Steven melalui Jemmy Ringkuangan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasar Pemprov Sulut.

"Bermanfaat bantuan yang diberikan, khususnya kasur untuk tidur. Karena pasca-tempat tidur saat ini kotor dan sulit dibersihkan untuk dipakai tidur," kata Anice Sondah (38) warga Kompleks Kuara Girian Kelurahan Pinokalan Lingkungan I RT 02.

Waktu kejadian isi rumah tergenang air, seperi kasur dan pakaian. Sementara dia dalam kondisi hamil hingga melahirkan setelah kejadian, sehingga harus inap di rumah sakit. Di rumah ada suami dan anak-anak dua orang.

2 Pasien di Sulut Positif Covid-19 dan 15 Orang Berstatus PDP

Oktovina Sosoten warga lainnya yang menjadi korban Banjir dan mendapat bantuan nampak antusias mengangkat bantuan yang diberikan Pemerintah provinsi Sulut, dia langsung bergegas membawanya masuk kedalam rumah sambil melalui jalan yang dalam keadaan tergerus oleh arus air.

Waktu kejadian sempat kesulitan untuk beraktivitas. Karena akses untuk pergi ke tempat umum atau belanja kebutuhan rumah harus melalui jembatan darurat dari peti kemas dan kayu yang dibuat melintas aliran DAS Girian.

"Namun saat kejadian dan beberapa hari setelahnya, lewat aliran DAS pakai alat bantu perahu kecil dari Badan penanggulangan Bencana Daerah Kota Bitung, atau lewat di aliran DAS menggunakan alat bantu tali dan sesekali sambil berenang sambil menahan di tali," kata Oktavina.

Pemerintah Mempercepat Pelayanan Impor Barang Untuk Keperluan Penanggulangan Covid-19

Maltje Tangkilisan kepala lingkugan I mengatakan, dampak dari banjir masih dirasakan sampai saat ini.

Di mana ketika melalui jembatan darurat yang terbuat dari beberapa batang pohon kelapa, diselimuti kecemasan dan waswas hingga buku-buku (kaki) merasa gemetar ketika melintas.

"Waktu banjir dua hari lamanya kami tidak bisa melalui jembatan karena rusak dan belum ada jembatan darurat, sehingga sempat terisolasi," tambah Pala Maltje.(crz)

BREAKING NEWS! Gubernur Olly dan Wagub Steven Serahkan Bantuan Bagi Warga Korban Banjir

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved