Berita Minsel

Jatah 50 Persen Dana BOS untuk Bayar Guru Honorer, Fitber Raco Setuju Menteri Nadiem

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Minsel Fiteber Raco, 100 persen setuju dengan kebijakan baru yang dikeluarkan Menteri Pendidikan

Penulis: Andrew_Pattymahu | Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Andrew Pattymahu
Kantor Dinas Pendidikan Minsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Minahasa Selatan Fiteber Raco, 100 persen setuju dengan kebijakan baru yang dikeluarkan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Kebijakan tersebut yakni pemberiaan jatah 50 persen dari dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk membayar upah para guru honorer.

"Tentu saja ini yang kami harapkan sejak lama. Karena selama ini guru honorer hanya mendapat upah 15 persen dari dana BOS," ujar dia, Selasa (11/2/2020).

Dikatakannya selama ini baru sekolah swasta yang guru honorernya ditanggung 50 persen dari dana BOS. Kebijakan dari Menteri Pendidikan akan menambah semangat para guru honorer negeri khususnya di Kabupaten Minsel.

Nadiem Makarim Prihatin pada Kepala Sekolah yang Menggadaikan Motornya Untuk Penyaluran Dana BOS

Di daerah ini ada 480 guru honorer yang surat keputusannya dikeluarkan oleh Bupati Minsel Chriatiany Eugenia Paruntu. Tapi ada juga guru honorer yang SK-nya dikeluarkan oleh kepala sekolah yang bersangkutan.

Tapi mulai tahun 2020 ini, Fitber Raco meminta supaya kepsek jangan lagi mengeluarkan SK guru honorer. "SK hanya dari bupati saja," kata dia.

Waktu 2019 jika ada guru honorer yang mengajar berdasarkan SK kepsek, maka honornya tidak diambil dari dana BOS. Tapi kepsek yang bersangkutan yang mengeluarkan biaya sendiri untuk honor guru tersebut.

"Tahun 2019 lalu total dana BOS untuk Minsel ada Rp 25 miliar. Ini dibagikan untuk 234 sekolah dasar dan 84 sekolah menengah pertama," kata Fitber Raco.

Kebakaran Tiga Rumah di Tompasobaru, Jenazah Lius Rompas Ditemukan Pagi Hari

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved