Berita Boltim

DLH Boltim Jawab Keluhan Warga Soal Banyaknya Cabang Pohon yang Sudah Lapuk

Pemkab Boltim dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menanggapi keluhan warga soal ranting dan cabang pohon yang sudah rapuh

DLH Boltim Jawab Keluhan Warga Soal Banyaknya Cabang Pohon yang Sudah Lapuk
Tribun manado / Siti Nurjanah
Sjukri Tawil Kadis DLH Boltim 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menanggapi keluhan warga soal ranting dan cabang pohon yang lapuk dan berjatuhan.

Meski tak ada anggaran pihak DLH seringkali memangkas ranting dan cabang pohon yang mengganggu baik itu yang sudah lapuk maupun yang sudah rindang.

Hal tersebut disampaikan Kepala DLH Sjukri Tawil kepada Tribunmanado.co.id saat ditemui di kantornya.

Sjukri Tawil menjelaskan, dalam hal tersebut DLH tak memiliki anggaran untuk pemangkasan pohon, namun pihaknya tetap akan melakukan pemangkasan tersebut.

OD-SK 4 Tahun Pimpin Sulut, Beber Capaian Target

"Karena beberapa kali juga pak Bupati Sehan Landjar mengintruksikan ke kami untuk menebangnya, ya minimal yang sudah lapuk dan bwrpotensi membahayakan warga yang lewat," ujarnya.

Bahkan Ia mengaku beberapa waktu lalu pihaknya berkoordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan pemangkasan pohon yang rantingnya sudah menutupi kabel listrik.

"Tapi PLN hanya punya waktu sehari jadi kami juga tidak bisa punya waktu lebih dengan mereka," ucapnya.

Dalam hal biaya atau anggaran, Sjukri mengaku berkoordinasi dengan pihak PLN.

Jatah 50 Persen Dana BOS untuk Bayar Guru Honorer, Fitber Raco Setuju Menteri Nadiem

"Tapi kalau tidak bisa dengan PLN ya pakai dana sendiri, karena memang ya awalnya itukan wewenangnya Dinas Kehutanan, tapi semenjak Dinas Kehutanan dialihkan ke provinsi untuk peremajaan sampai sekarang belum jelas ke dinas mana," ucapnya.

Tapi kalau namanya ruas jalan ada ranahnya PU, kalau provinsi ranahnya provinsi.

"Cuman dalam hal ini kami tidak menutup mata terkait hal itu, kami tetap memperhatikan itu, walaupun dipenagaan anggaran tidak ada. Hanya seringkali kami walupun tanpa anggaran tetap berinovasi, kalau namanya sudah membahayakan orang banyak dan itu sudah kelihatan cukup mengganggu, mau tidak mau kami ajak tim untuk turun lapangan," ucapnya. (ana)

Senin, Demokrat Undang Figur Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved