Kesehatan

Selain Memberikan Kebugaran Bagi Tubuh, Bersepda Tingkatkan Kesehatan Mental

Selain menyehatkan secara fisik, bersepeda juga mampu menyehatkan mental kita. Apalagi jika dilakukan secara berkelompok.

Selain Memberikan Kebugaran Bagi Tubuh, Bersepda Tingkatkan Kesehatan Mental
Internet
Ilustrasi bersepeda 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seperti yang kita ketahui, berolahraga mampu meningkatkan kesehatan mental kita, tak terkecuali bersepeda. 

Dalam sebuah studi, bersepeda menduduki posisi kedua setelah olahraga secara berkelompok sebagai kegiatan paling bermanfaat bagi kesehatan mental.

Studi yang diterbitkan dalam Lancet ini menganalisis latihan dan kesehatan mental dari 1.237.194 orang dewasa dengan memakai data survei selama tiga tahun.

Data itu meliputi jenis latihan, berapa banyak mereka berolahraga, dan berapa hari mereka mengalami kesehatan mental yang buruk dalam bentuk stres, depresi, serta masalah emosional lainnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa semua latihan olahraga meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Orang yang berolahraga rata-rata mengalami hari yang buruk (dalam hal kesehatan mental) hanya dua hari, lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik, yaitu 3-4 hari.

Dan olahraga adalah cara paling protektif bagi mereka yang pernah mengalami depresi sebelumnya --mereka merasakan kesehatan mental yang buruk empat hari lebih sedikit.

Namun tidak semua olahraga memberi dampak yang sama.

Dari 75 jenis latihan yang dipelajari, olahraga tim atau kelompok memberi perlindungan terbanyak.

Orang-orang yang bermain sepak bola dan olahraga tim lainnya melaporkan 23,3 persen lebih sedikit mengalami kesehatan mental yang buruk dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Mengendarai sepeda, di dalam atau luar ruangan, ada di posisi kedua, dan pengendara menikmati 21,6 persen lebih sedikit hari kesehatan mental yang buruk.

Aktivitas ketiga adalah latihan aerobik (tidak termasuk lari atau bersepeda).

Para peneliti menyimpulkan, olahraga tim kemungkinan memberi perlindungan ekstra karena terdapat unsur sosial serta aktivitas fisik.

Jadi, temukan tiga atau empat orang teman dan jadwalkan kegiatan bersepeda secara reguler untuk meningkatkan kebahagiaan kita serta menjaga kesehatan mental.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Lain Bersepeda, Tingkatkan Kesehatan Mental".

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved