Berita Manado

Ketua PPK Kota Manado Ajak Wanita Periksa Tes IVA, Hadirkan ‘Panada Tante’ dan ‘Susiantariksa’

Hari Kanker Sedunia diperingati Selasa (4/2). Kegiatan dicetus untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan

Ketua PPK Kota Manado Ajak Wanita Periksa Tes IVA, Hadirkan ‘Panada Tante’ dan ‘Susiantariksa’
Istimewa
Ketua TP-PKK Kota Manado Prof Dr Ny Julyeta PA Lumentut-Runtuwene MS 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hari Kanker Sedunia diperingati Selasa (4/2). Kegiatan dicetus untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan, melakukan pemeriksaan dini, dan juga sebagai bentuk dukungan semangat menjalani hidup bagi penderita kanker.

Hal ini pun, menjadi kepedulian dan keseriusan Pemerintah Kota Manado khususnya TP-PKK Kota Manado terhadap tes IVA bagi wanita usia produktif tidak lagi diragukan.

Keseriusan terhadap tes IVA ini bahkan ditandai dengan hadirnya Panada Tante IVA (Portal Analisis Data Berbasis Peta Tentang Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dan Susiantariksa (Suami Siaga Antar Istri Periksa IVA).

Perjuangan Denada Merawat Anaknya yang Idap Kanker Daerah, Rela Harta Terkuras dan Jual 2 Rumah

Ketua TP-PKK Kota Manado Prof Dr Ny Julyeta PA Lumentut-Runtuwene MS menjelaskan, pemeriksaan IVA bagi wanita usia produktif adalah hal penting yang harus dilakukan sehingga TP-PKK menggaungkan hal tersebut di Kota Manado.

“Dengan adanya Panada Tante IVa maka akan makin jelas terdata wanita usia produktif yang sudah test IVA atau belum. Tes IVA penting dilakukan sebagai pemeriksaan dini sekaligus untuk mendeteksi secara dini kemungkinan adanya potensi gangguan kesehatan. Jika dideteksi ada, maka layanan kesehatan akan makin cepat didapat sehingga kemungkinan untuk sembuh lebih besar,” ujar Ketua TP PKK Kota Manado ini.

Ditambahkan, selain menumbuhkan kesadaran dari wanita, pentingnya dukungan orang terdekat terutama suami atau keluarga sangat penting sehingga Susiantariksa dicanangkan.

MaMa for MaMa dukung Calon Ini, Tanpa Iming-Iming Jabatan

“Diharapkan, para suami juga turut mendukung para istri yang masih usia produktif untuk periksa, ditambah dengan mengantarkan langsung istri periksa. Dampaknya tentu akan berbeda kalau ada dukungan dari keluarga,” katanya.

Tes IVA dapat dilakukan di Puskesmas yang ada di Kota Manado dan untuk warga Manado tidak dipungut biaya atau gratis, sehingga diharapkan tidak ada lagi yang tidak mau memeriksakan diri karena kendala biaya, mengingat kanker serviks merupakan salah satu pembunuh terbesar bagi wanita.

“Mari bersama kita peduli, mencegah bahaya kanker serviks kepada kaum perempuan di Kota Manado,” kata Rektor Unima ini.

Diketahui TP PKK Kota manado pada tahun 2019 lalu, meraih penghargaan sebagai Pakarti Utama III Tingkat Nasional pelaksanaan terbaik Inpeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, kategori Kota, pada rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HGK) PKK KE 47.(fer)

3 WNI yang Belum Dievakuasi dari Wuhan Akan Ditangani oleh Pemerintah China

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved