Minahasa Tak Rela ROR ke Manado, PDIP: Belum Ada Keputusan

Poster dengan tagar #SaveROR menghiasi beberapa sudut di jalan Kabupaten Minahasa. Maksud pemasang poster, supaya Bupati Minahasa

istimewa
Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat penutupan Rakernas I PDIP di Jakarta, Minggu (12/1/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Poster dengan tagar #SaveROR menghiasi beberapa sudut di jalan Kabupaten Minahasa. Maksud pemasang poster, supaya Bupati Minahasa Royke Oktavianus Roring (ROR) tidak maju di Pilkada Kota Manado 2020. Mereka menginginkan ROR tetap menjadi pemimpin di Tanah Toar Lumimuut.

ROR memenangi Pilkada Minahasa 2017. Bila maju Pilkada Manado, ROR harus mundur dari jabatan Bupati Minahasa yang belum lama ia jabat. PDIP memasukan nama ROR sebagai satu di antara figur yang diundang untuk seleksi calon wali kota Manado.

Menteri Yasonna Dilaporkan ke KPK

Bahkan sedari awal, Ketua DPD PDIP Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang menyebut ROR calon terkuat yang bakal diusung PDIP.

Selain ROR, ada Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Anggota DPRD Sulut Richard Sualang, pengusaha Sonya Kembuan, Staf Khusus Gubernur Olly Pdt Lucky Rumopa dan Kadis Kominfo Sulut Christiano Talumepa yang bersaing merebut tiket calon wali kota.

Olly menyatakan, sesuai survei internal partai, ROR di posisi teratas. "Yang paling menguat di Manado itu ROR,'' kata Olly, beberapa waktu lalu. Hanya saja ROR masih enggan diusung. Tribunmanado.co.id, pernah mengonfirmasi ROR soal rencana maju di Pilkada Manado. Jawannya enggan. "Baru bacalon (menyalonkan di Minahasa), so mo bacalon ulang (maju Manado)," kata dia, beberapa waktu lalu.

Ketua PDIP Manado Richard Sualang berfoto saat berkunjung ke Kantor Tribun Manado di Jln AA Maramis, Kairagi II, Manado, Rabu (4/9/2019).
Ketua PDIP Manado Richard Sualang berfoto saat berkunjung ke Kantor Tribun Manado di Jln AA Maramis, Kairagi II, Manado, Rabu (4/9/2019). (tribun manado)

Ketika PDIP mengundang semua bakal calon untuk mengambil formulir pendaftaran di Kantor DPD PDIP Sulut, ROR absen. Formulir pendaftaran ROR diambil Sekretaris DPC PDIP Manado, Tonny Rawung. Meski begitu, formulir pendaftaran itu tetap diajukan untuk proses selanjutnya, yakni penyaringan calon.

Sekretaris DPD PDIP Sulut Franky Wongkar mengatakan, soal penolakan ROR diusung PDIP maju di Pilkada Manado itu merupakan hal biasa. Selayaknya masyarakat menyampaikan aspirasi. "Itu sah-sah saja, namanya aspirasi, kita terima dan kita bahas," kata Wakil Bupati Minahasa Selatan ini.

Kata dia, PDIP punya mekanisme dan aturan main partai. Di PDIP, setiap petugas partai harus tunduk kepada aturan partai dan melaksanakan perintah partai. "Soal Manado, PDIP kan belum ada keputusan, kalau A diperintahkan partai maka laksanakan, tapi kan ini masih berproses di DPP," ujar calon Bupati Minsel itu.

Penembak Brutal Tewaskan Wanita saat Jam Sibuk

Sejumlah poster berukuran besar bertuliskan #SaveROR kini marak di Minahasa. Pantauan tribunmanado.co.id, Kamis (23/1/2020), di Kecamatan Kawangkoan, poster-poster tersebut bertuliskan “Kami Warga Minahasa Tidak Setuju Bapak Ir Royke Oktavian Roring MSi Dicalonkan sebagai Wali Kota Manado”.

Aspirasi itu diungkapkan sejumlah tokoh masyarakat. “Kami turut mewakili aspirasi masyarakat Langowan yang tetap menginginkan Bupati ROR memimpin Minahasa,” ujar Jimmy, seorang tokoh masyarakat di Desa Sumarajar.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved