Naik Hampir 100 Persen, Warga Bolsel Tetap Diberi BPJS

Menurut Bupati, pengalokasian anggaran untuk jaminan kesehatan ini dalam rangka melanjutkan program Universal Health Coverage (UHC).

Naik Hampir 100 Persen, Warga Bolsel Tetap Diberi BPJS
Istimewa
Naik Hampir 100 Persen, Warga Bolsel Tetap Diberi BPJS 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Jelang akhir jabatannya. 

Bupati Hi Iskandar Kamaru bersama Wakil bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid (Berkah) tetap menganggarkan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang pro rakyat.

Satu di antaranya bentuk komitmen Kamaru-Abdul Hamid yaitu dengan tetap mengalokasikan anggaran jaminan kesehatan (BPJS) bagi seluruh masyarakat yang berhak menerima, meski iuran BPJS tahun ini mengalami kenaikan sangat signifikan.

Menurut Bupati, pengalokasian anggaran untuk jaminan kesehatan ini dalam rangka melanjutkan program Universal Health Coverage (UHC).

“Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 5,6 miliar untuk kurang lebih 15.000 peserta dengan hitungan Rp 42.000 per jiwa setiap bulannya,” sebut Bupati Hi Iskandar Kamaru baru-baru ini ketika ditemui awak media.

Meski kenaikan iuran BPJS ini cukup membebani keuangan daerah, namun hal ini tetap dilakukan sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan pelayanan optimal dibidang kesehatan.

“Sudah pasti kenaikan iuran ini mempengaruhi keuangan daerah, namun pemerintah kabupaten tetap menyiapkan anggaran. Itu sudah menjadi komitmen kami,” aku bupati.

Selain peningkatan dibidang kesehatan, tahun ini pemerintah kabupaten juga fokus dalam peningkatan beberapa hal.

Diantaranya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) untuk pembangunan yang berkualitas.

Untuk struktur APBD 2020 ditergetkan sebesar Rp 651,2 Miliar, belanja sebesar Rp 661,2 Miliar dan pembiayaan sebesar Rp 10 Miliar.

Adapun untuk PAD ditargetkan sebesar Rp 16,4 Miliar.

Dana perimbangan sebesar Rp 522,9 Miliar dan bagi hasil pajak dan bagi hasil bukan pajak sebesar Rp 16,2 Miliar,

“APBD untuk bidang pendidikan sebesar 133,1 Miliar sebagimana amanat undang-undang dengan alokasi 20 persen dari total APBD, demikian juga untuk kesehatan dengan alokasi sebesar 17 persen atau 79,7 Miliar,” ulasnya. (Nie)

Perbaiki Standar Pelayanan Kelas BPJS Kesehatan, Menko PMK Akan Batasi Penyakit yang Ditangani

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

 

Penulis: Nielton Durado
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved