Kerajaan Inggris

Meski Sedih Gelar Bangsawannya Dicopot, Pangeran Harry: Tak Mengubah Komitmenku

Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk keluar dari anggota Kerajaan Inggris. Sebagai konsekuensinya, gelar keduanya harus dicopot.

Meski Sedih Gelar Bangsawannya Dicopot, Pangeran Harry: Tak Mengubah Komitmenku
Samir Hussein/WireImage.com
Pangeran Harry 

TRIBUNMANADO.CO.ID - The Duke of Sussex, Pangeran Harry mengungkapkan kesedihan dirinya beserta istri, Meghan Markle setelah gelar bangsawan mereka dicopot.

Pencopotan gelar bangsawan ini adalah salah satu konsekuensi yang diputuskan oleh Ratu Elizabeth II.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam sebuah acara Minggu(19/1) malam waktu setempat.

“UK adalah rumahku, tempat yang aku cintai. Hal itu tak akan pernah berubah,” kata Harry dalam pidato sambutannya di acara organisasi amal Sentebale, yang mengumpulkan dana untuk anak-anak dengan HIV.

Harry mengungkapkan, keputusannya untuk mundur dari anggota kerajaan senior tidak dibuat secara terburu-buru.

“Keputusan yang telah kubuat untuk istriku dan diriku mundur tidak dibuat dengan mudah. Butuh berbulan-bulan pembicaraan setelah tahun-tahun penuh tantangan. Aku tahu aku tidak selalu benar, tetapi sepanjang yang aku tahu, tak ada pilihan lain,” katanya.

“Harapan kami adalah terus melanjutkan pelayanan untuk Ratu, Persemakmuran, dan organisasi militer, tetapi tanpa dana masyarakat,” ujarnya. “Sayangnya, hal itu tidak mungkin.”

Pidato yang disampaikan Harry tersebut merupakan pernyataan yang ia buat pertama kali setelah ia mengumumkan keputusannya untuk mundur, melalui media sosial.

Pada Sabtu (18/1), Istana Buckhingham mengeluarkan pernyataan bahwa Ratu Elizabeth II merestui keputusan Pangeran Harry dan Meghan untuk melanjutkan hidup mereka secara mandiri.

Konsekuensinya, pasangan ini harus menanggalkan gelar His Royal Highness dan Her Royal Highness.

“Aku menerima hal ini, karena hal ini tidak akan mengubah siapa aku atau komitmenku. Tetapi aku harap kalian memahami mengapa harus seperti ini, bahwa membawa keluargaku mundur adalah yang ku tahu, kami bisa melangkah ke masa depan dan harapan memiliki kehidupan yang lebih damai,” kata adik Pangeran William ini.

Harry menambahkan, ia terlahir dengan kehidupan ini dan ia merasa bangga bisa melayani negara dan Ratu.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena banyak orang yang mendukungnya setelah kematian ibunya, Putri Diana, 23 tahun lalu.

“Aku akan selalu menghormati nenekku, pemimpin tertinggiku, dan aku sangat bersyukur ia dan seluruh keluargaku atas dukungan yang diberikan untuk Meghan dan aku dalam beberapa bulan terakhir,” katanya.(*)

SUMBER: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/20/075801620/pangeran-harry-ungkap-kesedihan-setelah-gelar-bangsawan-dicopot

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved