NEWS

Korupsi Asabri Rp 10 triliun, Prabowo: Jangan Sampai Kasus Ini Merugikan Prajurit

Prabowo tak ingin prajurit TNI mengalami kerugian atas munculnya kasus dugaan kasus korupsi di perusahaan asuransi milik negara, PT Asabri.

Theresia Felisiani
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto angkat bicara soal kasus dugaan kasus korupsi di perusahaan asuransi milik negara, PT Asabri (Persero).

Meskipun Asabri bernaung di bawah Kementerian BUMN, Prabowo mengaku tetap berkepentingan dalam menyikapi dugaan kasus korupsi di perusahaan berpelat merah tersebut.

Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, Prabowo tak ingin prajurit TNI mengalami kerugian atas munculnya kasus dugaan kasus korupsi di perusahaan asuransi milik negara, PT Asabri (Persero).

"Pak Prabowo ingin memastikan jangan sampai kasus ini itu merugikan prajurit secara keseluruhan," ujar Dahnil saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/1/2020).

Menhan Prabowo Subianto Dianggap Lembek Hadapi Cina di Natuna, Ini Tanggapannya

"Secara hierarki, itu (Asabri) di bawah Menteri BUMN, tetapi tentu sebagai stakeholder, yang berkepentingan, kepentingan Menhan tentu adalah melindungi dan memastikan hak-hak dari prajurit itu tidak dirugikan," ucap Dahnil.

Dahnil Anzar
Dahnil Anzar (Internet)

Sebelumnya, isu dugaan korupsi di Asabri mencuat ke publik bermula dari pernyataan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Tak tanggung-tanggung, Mahfud menyebut nilainya pun tidak kalah besar dengan kasus dugaan korupsi di perusahaan asurani milik negara lainnya, PT Jiwasraya (Persero), yakni mencapai Rp 10 triliun.

"Saya mendengar ada isu korupsi di Asabri yang mungkin itu tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp 10 triliun," ujar Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (10/1/2020) lalu.

Eks Bintang Inter Milan, Hakan Sukur Banting Setir Jadi Sopir Uber: Saya Tak Punya Apa-apa Lagi

Sebagai informasi, saham-saham milik PT Asabri mengalami penurunan sepanjang 2019. Bahkan, penurunan harga saham di portofolio milik Asabri terjadi sekitar 90 persen.

Misalnya, harga saham PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) yang terkoreksi 95,79 persen di 2019 lalu ke level Rp 326.

Halaman
12
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved