Bencana Alam Banjir

Bencana di Jakarta, Ini Banjir Paling Mematikan di Dunia, Timbulkan Penyakit, Jutaan Orang Tewas

Hujan deras, kegagalan bendungan, gelombang badai, dan terkadang perubahan buatan manusia menyebabkan banjir besar yang merenggut ribuan nyawa.

Bencana di Jakarta, Ini Banjir Paling Mematikan di Dunia, Timbulkan Penyakit, Jutaan Orang Tewas
Kolase Tribun Bogor/Tribun Jakarta
Ilustrasi -10 Banjir Paling Mematikan di Dunia, Musibah yang Timbulkan Penyakit hingga Tewaskan 1-4 Juta Orang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ibukota DKI Jakarta dilanda bencana banjir di awal tahun 2020, sebagian warga Jakarta menjadi korban, menimbulkan kesedihan dan tampak memprihatikan.

Bencana banjir besar yang melanda Jakarta langsung menjadi trending topik dalam berbagai flatform pemberitaan dan sosial media.

Banjir telah menimbulkan malapetaka yang tercatat dalam sejarah manusia.

Daerah yang rawan banjir telah menyaksikan hilangnya nyawa yang tak terhitung jumlahnya dan kerusakan infrastruktur berulang kali.

Tampilan banjir Jakarta dari helikopter yang mengangkut Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mereka meninjau kondisi banjir terkini pada Rabu (1/1/2020).
Tampilan banjir Jakarta dari helikopter yang mengangkut Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mereka meninjau kondisi banjir terkini pada Rabu (1/1/2020). ((DOKUMENTASI BNPB))

Sopir taksi daring, Jefri, yang sempat terjebak banjir di Jalan Kemang 1, Bangka, Jakarta Selatan pada Kamis (2/1/2020) (TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas)
Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa kita akan melihat banjir yang lebih sering dan lebih menghancurkan di masa depan karena pemanasan global.

Hujan deras, kegagalan bendungan, gelombang badai, dan terkadang perubahan buatan manusia menyebabkan banjir besar yang merenggut ribuan nyawa.

Patut diperhatikan bahwa kematian yang timbul tidak semuanya akibat dari dampak langsung banjir semisal tenggelam.

Namun bisa karena dampak turunannya semisal kelaparan, dan penyakit setelah banjir.

Truk engkel menerjang banjir di Jalan Panjang, Kebon Jeruk untuk mengangkut karyawan yang berkantor di kawasan tersebut.
Truk engkel menerjang banjir di Jalan Panjang, Kebon Jeruk untuk mengangkut karyawan yang berkantor di kawasan tersebut. (TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA)

Berikut ini 10 bencana banjir paling mematikan yang pernah tercatat dalam sejarah :

1. Banjir Laut Utara, Belanda (1212)

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved