Berita Kesehatan

Penderita Anoreksia yang Nyaris Tinggal Tulang Dipulihkan dengan Terapi Listrik

Kelainan pola makan yang membuat seseorang mengalami kelaparan atau tindakan menurunkan berat badan secara berlebihan, dikenal dengan Anoreksia

Penderita Anoreksia yang Nyaris Tinggal Tulang Dipulihkan dengan Terapi Listrik
NAKITA
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kelainan pola makan yang membuat seseorang mengalami kelaparan atau tindakan menurunkan berat badan secara berlebihan, dikenal dengan Anoreksia nervosa atau anoreksia.

Secara ekstrem anoreksia  dapat mengakibatkan masalah kesehatan hingga dampak yang paling parah adalah  kematian.

Orang dengan penyakit anoreksia  sering kali merasa lapar tetapi tetap menolak untuk makan.

Mereka memiliki ketakutan yang berlebihan akan menjadi gemuk dan merasa diri mereka gemuk walaupun sebenarnya mereka masih dalam kategori ‘normal’.

Orang-orang dengan penyakit anoreksia akan berusaha untuk memperbaiki ‘kekurangan’ yang dirasakannya tersebut dengan membatasi asupan makanan secara ketat dan berolahraga secara berlebihan untuk menurunkan berat badannya.

Guna menjaga bentuk tubuh tetap kurus, orang dengan anoreksia akan sangat membatasi porsi makannya seminimal mungkin atau menggunakan obatan-obatan penekan nafsu makan hingga obat pencahar.

Ketakutan akan berat badan yang terus bertambah akan terus menghantui orang dengan anoreksia meski berat badannya sudah banyak berkurang.

Gara-gara Roket, Korut Sebut PM Jepang Manusia Terbodoh Dalam Sejarah

Gangguan pola makan seperti anoreksia lebih banyak ditemukan pada kaum wanita daripada pria.

Risiko untuk timbulnya gangguan makan ini lebih besar pada pemain film, model, penari, dan atlet di mana penampilan atau berat badan adalah sesuatu yang sangat penting.

Kelainan makan seperti anoreksia dan bulima telah ''menyakiti'' delapan juta orang di Amerika Utara. Kelainan ini juga membawa depresi dan tekanan emosi.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved