Ini Kritik Keras terhadap Presiden Jokowi dan Samakan Prabowo dengan Duterte

Sebuah opini mengkritisi pemerintahan Jokowi yang dinilai mengecewakan terhadap reformasi demokrasi di Asia.

Ini Kritik Keras terhadap Presiden Jokowi dan Samakan Prabowo dengan Duterte
Warta Kota
Jokowi Prabowo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah opini yang dimuat di Aljazeera.com mengkritisi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Opini itu ditulis oleh Richard Javad Heydarian, yang melabeli diri sebagai pengamat ekonomi dan geopolitik Asia (specialist in Asian geopolitical and economic affairs).

Tulisan pandangan pribadi berjudul "A revolution betrayed: The tragedy of Indonesia's Jokowi" dan subjudul "Once lauded as a promising democrat in Southeast Asia, Joko Widodo has recently allied with anti-democratic forces." itu menarik untuk dibaca sebagai referensi.

Tulisan dalam bahasa Inggris itu, kira-kira isinya seperti di bawah ini (untuk naskah asli silakan langsung ke Aljazeera.com).

Ketika Joko Widodo, yang dikenal dengan sebutan "Jokowi", meraih kemenangan mengejutkan dalam Pilgub Jakarta 2012, banyak orang, terutama kaum muda dan kelas menengah yang aspirasional di negara itu, sangat berharap akan adanya revolusi total.

Tak lama kemudian, pemimpin karismatik itu dipuji sebagai "Obama" Indonesia, ikon reformasi progresif di wilayah yang sangat otoriter. 

Namun, melesatnya Jokowi ke tampuk kekuasaan, dengan terpilihnya kembali sebagai presiden pada awal tahun ini, telah membuat kekecewaan sangat besar bagi para pendukung reformasi dan demokratisasi yang liberal.

Yang membuat para pendukung fanatiknya sangat cemas adalah tindakan Jokowi yang justru merangkul kelompok Islam garis keras dan kalangan dari rezim diktator sebelumnya.

Dan yang paling memperburuk keadaan adalah dia malah mengesampingkan reformasi politik, termasuk memperlemah lembaga-lembaga anti-korupsi, demi mendorong pembangunan infrastruktur dan menyenangkan kekuatan-kekuatan reaksioner negara itu.

Mimpi Indonesia

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Sigit Sugiharto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved