Tajuk Tamu Tribun Manado

Angka Pengangguran Turun, Lulusan SMK Masih Merana

Pengangguran terbuka yang didominasi oleh lulusan SMK ini mengindikasikan lulusan SMK belum cukup bisa terserap oleh lapangan kerja yang tersedia.

Angka Pengangguran Turun, Lulusan SMK Masih Merana
Tribun Timur
UNBK 2019 - SMK 

Oleh:
Anita Rafiqa Zein
Statistisi Pertama BPS Kota Manado

BADAN Pusat Statistik (BPS) telah merilis tingkat pengangguran terbuka di Indonesia Agustus 2019 turun menjadi 5,28 persen di bandingkan Agustus 2018 yang sebesar 5,34 persen. Meskipun turun namun tingkat pengangguran terbuka masih didominasi oleh mereka dengan ijazah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

TPT SMK yang lebih besar dari tingkat pendidikan lain ini perlu menjadi perhatian dari berbagai pihak. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir SMK digadang gadang menjadi salah satu solusi pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan penyerapan tenaga kerja.

"SMK Bisa" menjadi tagline yang digunakan pemerintah untuk mencerminkan kesiapan lulusan SMK bisa langsung terjun di dunia kerja karena mereka telah dibekali oleh keterampilan dan wawasan kewirausahaan.

Namun pengangguran terbuka yang didominasi oleh lulusan SMK ini mengindikasikan lulusan SMK belum cukup bisa terserap oleh lapangan kerja yang tersedia.

Delon Thamrin dan Aida Chandra Harus Berpisah di Saat Belum Sebulan Menikah, Ada Masalah Apa?

Bisa jadi, kebutuhan pekerja yang berasal dari lulusan SMK masih sedikit jika dibandingkan jumlah lulusan SMK yang siap bekerja dan mencari pekerjaan. Selain itu mungkin saja banyak pelaku usaha yang menilai lulusan SMK masih belum bisa memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan sehingga para pelaku usaha memilih pekerja dari jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau lebih memilih pekerja lulusan SMA.

SMK sudah saatnya berbenah melihat fenomena ini agar kedepannya jumlah pengangguran terbuka dari lulusan SMK bisa berkurang.

Pemerintah sudah berupaya secara nyata untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK bisa menjadi salah satu buktinya. Terdapat empat fokus dalam revitalisasi SMK yaitu revitalisasi kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, kerja sama, dan lulusan.

Wawancara Eksklusif Mahfud MD, Sipil Pertama Jabat Menkopolkam: Kaget saat Prabowo

Revitalisasi kurikulum SMK diharapkan mampu menjawab tuntutan atau kebutuhan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan revolusi industri 4.0. dan kebutuhan keahlian di industri pada umumnya.

Revitalisasi pendidik dan tenaga pendidik dititikberatkan pada perbaikan kompetensi di bidangnya masing masing. Dengan revitalisasi ini juga diharapkan kerja sama dari berbagai pihak (stakeholder) baik dari pemerintah atau pelaku industri.

Revitalisasi SMA befokus pada 5 sektor, yaitu pariwisata, pertanian produktif, ekonomi kreatif, kemaritiman, dan energi pertambangan.

Ibu Guru Sudah Bersuami, tapi Siswa SMA Tetap Cinta, Ini Yang Terjadi

Halaman
12
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved