Berita Bolsel

Jelang Pilkada 2020, Sudah Ada Calon Independen yang Konsultasi dengan KPU

Pasca penetapan DPT oleh KPU Bolsel, sudah ada beberapa figur yang datang ke KPU untuk melakukan konsultasi.

Jelang Pilkada 2020, Sudah Ada Calon Independen yang Konsultasi dengan KPU
TRIBUN MANADO/NIELTON DURADO
Jelang Pilkada 2020, Sudah Ada Calon Independen yang Konsultasi dengan KPU 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pasca penetapan DPT oleh KPU Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, sudah ada beberapa figur yang datang ke KPU untuk melakukan konsultasi.

Menurut Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi, dengan melihat jumlah dukungan syarat yang hampir lima ribu itu, boleh dikatakan berpotensi lahirkan calon independen.

“Bisa berpeluang. KPU tinggal menunggu siapa yang akan mendaftar lewat dukungan KTP,” ucapnya ketika dihubungi tribunmanado.co.id, Selasa (19/11/2019).

Kendati begitu, Eskol enggan membeberkan siapa figur yang berkonsultasi.

Lebih lanjut Eskol menjelaskan, mereka yang ingin maju lewat jalur nonpartai selain bukti KTP yang dikumpulkan, bakal calon independen harus satu paket, yakni calon bupati dan wakil bupati.

“Calon perseorangan ini juga langsung dua sepasang, tidak bisa bawa satu-satu, harus sepaket. Dalam hal ini satu saja yang membuat pernyataan dukungan tidak bisa, dikhawatirkan adanya jual beli dukungan,” tegasnya.

Sebelumnya, KPU Bolsel telah menetapkan jumlah minimal dukungan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Bolsel 2020 mendatang.

Dalam penetapan itu, calon independen harus memiliki minimal 4.552 surat dukungan yang tersebar dari tujuh kecamatan yang ada di Bolsel.

Sebab daftar pemilih tetap (DPT) Bolsel berjumlah 45.513.

“Untuk jumlah minimum dukungan yaitu 10 % dari jumlah DPT pemilu 2019 yakni 45.513×10% = 4.552 dukungan yang tersebar di 4 kecamatan,” jelas Eskol.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved