Berita Bolsel

Bawaslu Tegaskan KTP ASN Tak Bisa Dipakai dalam Dukungan Calon Indpenden

Bawaslu Bolsel mengingatkan, jika KTP milik PNS tidak bisa digunakan sebagai syarat dukungan calon Independen atau perseorangan.

Bawaslu Tegaskan KTP ASN Tak Bisa Dipakai dalam Dukungan Calon Indpenden
TRIBUN MANADO/NIELTON DURADO
Kifli Malonda 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mengingatkan, jika KTP milik PNS tidak bisa digunakan sebagai syarat dukungan calon Independen atau perseorangan.

“KTP PNS itu tidak bisa dipakai untuk mendukung calon independen. Jadi kami ingatkan dari awal ini sebelum masuk tahapan pendaftaran,” kata Komisioner Bawaslu Bolsel Kifly Malonda saat dihubungi, Senin (18/11/2019).

Pemberitahuan itu perlu disampaikan, agar mereka yang berencana maju lewat jalur independen tidak rugi saat mengumpulkan fotokopi KTP milik PNS.

Karena saat verifikasi administrasi bisa jadi temuan Bawaslu.

“KTP PNS tidak boleh menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan calon yang akan maju di Pilkada,” tambahnya.

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dijelaskan bahwa setiap ASN dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi Pilkada, Pileg, dan Pilpres.

Karena itu lanutnya , dalam kontestasi politik di Bolsel mendatang, ASN harus bersikap netral.

Tak terkecuali memberikan dukungan KTP sebagai syarat dukungan calon independen.

Sebelumnya, KPU Bolsel telah menetapkan jumlah minimal dukungan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Bolsel 2020 mendatang.

Dalam penetapan itu, calon independen harus memiliki minimal 4.552 surat dukungan yang tersebar dari tujuh kecamatan yang ada di Bolsel.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved