Unik

Inilah Manusia Pertama yang Hidup Tanpa Jantung, Sanggup Bertahan Karena Lakukan Hal Ini

Kisah unik terjadi pada Craig Lewis, orang pertama yang hidup tanpa memiliki jantung karena penyakit kronis yang ia derita.

Inilah Manusia Pertama yang Hidup Tanpa Jantung, Sanggup Bertahan Karena Lakukan Hal Ini
via https://health.grid.id
Craig Lewis manusia yang hidup tanpa jantung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Inilah sosok manusia pertama yang hidup tanpa memiliki jantung.

Menderita sebuah penyakit kronis, kerusakan pada organ jantungnya, seorang pria mampu bertahan karena terobosan tim dokter.

Sebuah kisah unik terjadi pada Craig Lewis, orang pertama yang hidup tanpa memiliki jantung karena penyakit kronis yang ia derita.

Diketahui saat itu kondisi Craig Lewis sangatlah memprihatinkan, bahkan alat pacu jantung pun disebut tidak bisa menyelamatkan hidupnya.

Sejumlah dokter dan ahli penyakit jantung pun membuat terobosan yang revolusioner, dimana mereka menciptakan sebuah alat yang bernama pompa aliran kontinu.

Alat inilah yang menggantikan peran jantung menyuplai darah ke seluruh tubuh. Perangkat ini bekerja dengan baling-baling yang berfungsi untuk memompa darah terus menerus di seluruh tubuh.

Craig Lewis manusia yang hidup tanpa jantung.1
Craig Lewis manusia yang hidup tanpa jantung.1 (gtgoodtimes.com)

Sebelum diterapkan pada Craig Lewis alat ini telah di uji coba pada 55 anak sapi.

Hasilnya, setelah dipasang pada sapi-sapi percobaan tersebut ternyata mereka dapat berprilaku normal seperti biasa, meski hidup tanpa jantung.

Melihat kembali kondisi awal Craig Lewis memang sangat mengkawatirkan, dimana ia divonis mengidap penyakit amiloidosis yang sudah parah.

Dikutip dari Mayo Clinic amiloidosis merupakan penyakit langka yang dapat mempengaruhi berbagai organ dan menyebabkan gagal organ yang mematikan.

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved