Gerindra-Golkar Rebutan Ketua MPR: Begini Peluangnya

Partai Gerindra punya keinginan besar menduduki kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR) RI periode 2019-2024.

tribunnews
Presiden Jokowi menyalami anggota legislator usai pelantikan di gedung DPR RI Senayan Jakarta, Selasa (1/10/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Partai Gerindra punya keinginan besar menduduki kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR) RI periode 2019-2024. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebut, Ketua Umum Prabowo Subianto, telah menunjuk dia sebagai calon pimpinan MPR. Pimpinan yang dimaksud bukan jabatan wakil, melainkan ketua.

"Pak Prabowo ketika menunjuk saya menjadi pimpinan, sangat berharap dari Partai Gerindra bisa menjadi ketuanya," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Baca: Anggota DPR Rebutan Selfie Bareng Jokowi

Muzani mengatakan, partainya punya hasrat besar menduduki kursi Ketua MPR karena di Pemilu 2019 Gerindra menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi kedua setelah PDIP.

Oleh karenanya, akan menjadi seimbang jika kursi Ketua MPR diisi oleh Gerindra. Apalagi, kursi Ketua DPR 2019-2024 sudah diduduki PDI-P sebagai pemenang Pemilu 2019.

Partai Golkar telah menggelar rapat harian membahas pencalonan pimpinan MPR dan DPR. Hasilnya, Golkar memutuskan mengusung Bambang Soesatyo sebagai calon Ketua MPR.

Rapat Harian DPP Golkar dipimpin oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Salah satu keputusannya adalah menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR dan Ketua Fraksi Golkar DPR.

"Selain itu, rapat juga memutuskan Pak Zainudin Amali sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI dan menugaskan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI dari Partai Golkar," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (1/10/2019).

MPR melakukan rapat pimpinan sementara dengan perwakilan fraksi dan DPD. Rapat ini dilakukan untuk menyepakati rancangan jadwal acara sidang paripurna MPR.

Rencananya, hasil rancangan jadwal acara sidang tersebut akan dibawa untuk disahkan ke Sidang Paripurna MPR II yang akan berlangsung pada Rabu (2/10/2019) besok.

Pimpinan Sementara MPR Hillary Brigitta Lasut mengatakan rapat konsultasi tersebut membahas rancangan jadwal acara tentatif untuk Sidang Paripurna MPR.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved