Anggota DPR Rebutan Selfie Bareng Jokowi

Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan digelar saat sidang paripurna pertama periode 2019-2024

Anggota DPR Rebutan Selfie Bareng Jokowi
tribunnews
Presiden Jokowi menyalami anggota legislator usai pelantikan di gedung DPR RI Senayan Jakarta, Selasa (1/10/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan digelar saat sidang paripurna pertama periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9) pagi.

Prosesi pelantikan diawali pembacaan keputusan presiden oleh Sekjen DPR Indra Iskandar. Acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung RI M Hatta Ali.

Baca: Mahasiswa dan Polisi Bersalaman usai Demo

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban. akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamankan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan," ucap semua anggota DPR yang dilantik.

Setelah pengucapan janji sumpah jabatan, perwakilan anggota DPR RI secara simbolis menandatangani berita acara pengucapan sumpah janji jabatan secara simbolis. Berita acara juga ditandatangani oleh para rohaniwan dan Ketua MA Hatta Ali.

Pelantikan 575 anggota DPR ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hadir pula Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman.

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut (23) dari Fraksi Partai NasDem dan Abdul Wahab Dalimunthe (80) dari Fraksi Partai Demokrat menjadi pimpinan DPR sementara. Pimpinan sementara DPR RI untuk memimpin Rapat Paripurna pelantikan anggota ditetapkan berdasarkan anggota tertua dan termuda. Hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 2018 tentang MD3.

Selain itu, Sekjen DPD dan Sekjen MPR turut memilih pimpinan sementara yang memimpin rapat paripurna pelantikan anggota DPD dan MPR.Selain itu, Sekjen DPD dan Sekjen MPR turut memilih pimpinan sementara yang memimpin rapat paripurna pelantikan anggota DPD dan MPR.

Untuk DPD, Ketua Sementara dipimpin oleh legislator bernama Sabam Sirait. Sabam sendiri merupakan anggota DPD yang berasal dari daerah pemilihan DKI Jakarta. Saat ini, Pria kelahiran Tanjung Balai itu berusia 82 tahun.

Baca: Mengaku Dirudapaksa di Semak-Semak, Janda Muda Tak Kuasa Melawan 8 Orang Sekaligus

Sementara itu, wakil ketua sementara DPD akan diisi oleh Jialyka Maharani. Perempuan kelahiran Palembang 1997 itu kini masih berusia 22 tahun.

Sabam dan Jialyka juga dipilih sebagai pimpinan sementara MPR. Sekjen MPR menyebut kedua legislator itu merupakan anggota yang tertua dan termuda dibandingkan 711 anggota MPR, yang merupakan gabungan dari DPR dan DPD, lainnya.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved