Olly Buka Peluang GSVL: Nasdem Punya Banyak ‘Joker’

GS Vicky Lumentut, Elly Lasut dan Benny Mamoto menjadi kekuatan Partai Nasdem menghadapi Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara 2020.

Olly Buka Peluang GSVL: Nasdem Punya Banyak ‘Joker’
TRIBUN MANADO/SITI NURJANAH
Vicky Lumentut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – GS Vicky Lumentut, Elly Lasut dan Benny Mamoto menjadi kekuatan Partai Nasdem menghadapi Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara 2020. Wali Kota Manado, Bupati Talaud terpilih dan mantan Direktur BNN ini dianggap bisa mengimbangi kekuatan Steven Kandouw dari PDIP dan Christiany Paruntu dari Partai Golkar.

Kontestasi Pilgub Sulut menjadi berimbang pasca pernyataan mengejutkan dari Gubernur Sulut petahana Olly Dondokambey. Bendahara Umum PDIP ini mengatakan mundur dari Pilgub 2020. Ia diproyeksikan menjadi menteri di Kabinet Jilid II Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Baca: Man United vs Astana: Saatnya yang Muda

Kandouw diprediksikan menggantikan Olly untuk posisi calon gubernur. Untuk posisi ‘papan dua’, ada nama Herson Mayulu. Anggota DPR RI terpilih dari PDIP ini menjadi wakil dari Bolaang Mongondow Raya (BMR). Berkembangkan juga isu Robby Dondokambey, saudara kandung Olly, bakal dimajukan mendampingi Steven. Robby kini menjabat Wakil Bupati Minahasa.

Calon internal lainnya yang muncul nama Yanny Tuuk. Ketua DPC PDIP Bolmong ini dianggap representasi BMR. Sedangkan calon wagub dari luar PDIP mencuat nama Tatong Bara. Wali Kota Kotamobagu ini didagang mendampingi Kandouw. "Siapapun yang ditunjuk adalah putusan partai, wajib diamankan semua kader," kata Sekretaris DPD PDIP Sulut Frangky Wongkar.

Di kubu Nasdem, mundurnya Olly dari arena Pilkada Serentak 2020 membawa angin segar. Para kader bersemangat. Mereka hakul yakin jagoannya Vicky atau Elly bisa setanding dengan jagoan PDIP. Sejauh ini sudah ada beberapa ‘joker’– figur andalan– Nasdem yang siap maju di pesta demokrasi di Sulut.

Mereka adalah Vicky Lumentut, Elly Lasut dan Tatong Bara. Vicky yang paling agresif mensosialisasikan diri. Kini, ia rajin hadir di berbagai acara.
Ia juga giat hadir dalam kegiatan kemasyarakatan, semisal kebaktian kebangunan rohani (KKR).

Baca: Romahurmuziy Diare, Majelis Hakim Tunda Persidangan

Sumber tribunmanado.co.id membeberkan, Vicky kerap menggelar doa khusus. Ia didoakan oleh para pendoa. Peluang Vicky disebut besar jika Olly mundur. Apalagi jika dipasangkan dengan Tatong Bara. Tatong yang merupakan tokoh BMR, pas disandingkan dengan Vicky yang berasal dari etnis Minahasa.

Ketua Komando Pemenangan Wilayah Sulut Partai Nasdem Felly Runtuwene membeber partainya bakal menggelar pendaftaran terbuka. Para calon yang mendaftar akan disurvei. "Mereka akan dilempar (uji publik) ke masyarakat, kemudian akan muncul tiga (nama) besar, lantas nama ketiganya diserahkan ke DPP (Nasdem)," kata Anggota DPR RI terpilih ini.

Tahapan Pilkada
Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) telah keluar. Berdasarkan PKPU itu, pilkada akan digelar pada 23 September 2020 secara serentak di 270 daerah.

Pengumuman hasil rekapitulasi tingkat kabupaten/kota untuk pemilihan bupati (pilbup) dan pemilihan wali kota (pilwalkot) dijadwalkan tanggal 29 September-1 Oktober 2020, dan pengumuman hasil rekapitulasi tingkat provinsi untuk pilgub tanggal 2-4 Oktober 2020.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved