Kiat Sukses

Ingin Menjadi Entrepreneur Hebat? Dosen Unika De La Salle Temukan Kuncinya

Beberapa entrepreneur bahkan mengalami kehilangan makna hidup pada saat mereka menyadari bahwa perusahaan dan usahanya mulai merugi.

Ingin Menjadi Entrepreneur Hebat? Dosen Unika De La Salle Temukan Kuncinya
FOTO DOKUMEN PRIBADI BOB SADINO/SITUS GASTRONOMI-AFICIOBADO
Tidak boleh cengeng dan tahan banting. Kamu jatuh, bangun lagi. 900 Kali jatuh 900 kali bangun. Bersyukurlah pada yang Kuasa. Ini jadi modal, uang belakangan. Bagaimana melepas kemiskinan? Jadilah entrepreneur! 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pertumbuhan entrepreneur (wirausahawan) muda di Sulawesi Utara cukup menjanjikan dan terus berkembang sejalan dengan program dan dukungan pemerintah provinsi yang sangat besar.

Makin besar jumlah pengusaha muda, maka perekonomian provinsi pasti akan makin baik.

Muncul suatu pertanyaan sentral, yaitu apakah yang mendorong keberhasilan seorang wirausahawan? Apakah yang menjadi tujuan dari aktivtas seorang wirausahawan?

Dr Jozef Raco dalam penelitiannya yang berjudul ‘Spirituality: the power of entrepreneurship' yang telah diterbitkan pada Emerging Market Journal Vol. 9, July 2019, menegaskan bahwa spiritualitas adalah faktor yang sangat menentukan bagi tumbuh dan berkebangannya wirausahawan-wirausahawan tersebut.

Dosen Unika De La Salle Manado ini menegaskan bahwa spiritualitas adalah unsur yang sangat hakiki bagi manusia.

"Spiritualitas memperkuat niat dan mental seseorang untuk membuat atau menciptakan sesuatu. Tujuan akhir dari spiritualitas adalah kebaikan semua orang," katanya, Rabu (18/9/2019).

Ia mengatakan, seorang wirausahawan yang spiritualis tidak akan mencari keuntungan pribadi tetapi membuat dan menciptakan sesuatu untuk kebaikan bersama.

Seorang wirausahawan yang spiritualis akan mampu mengatasi keinginan ego dan kepentingan dirinya dan terarah pada kepentingan dan kebaikan orang banyak.

Wirausahawanyang spiritualis akan berkarya berdasarkan nilai-nilai kebaikan umum dari pada nilai pribadi.

"Alfin Toffler sudah meramalkan bahwa abad ke-21 akan muncul gelombang ketiga (third wave) yang ditandai oleh pertumbuhan industri dan perusahaan yang berdasarkan pada spiritualitas (spirituality-based firms)," katanya.

Baca: Kunci Sukses Seorang Entrepreneur: Cara Berpikir

Baca: Marcos Roring Entrepreneur, Bisnis Motivasi Mulai dari Nol

Halaman
123
Penulis: David_Manewus
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved