CPNS 40

Usia 40 Tahun Bisa Daftar, Doktor di Sulut Natikan Tes CPNS

Doktor Manajemen Sumber Daya Pantai itu menilai, kebijakan baru itu membuka pintu kesempatan bagi kalangan akademisi.

Usia 40 Tahun Bisa Daftar, Doktor di Sulut Natikan Tes CPNS
SERAMBINEWS.COM/Putri
ilustrasi lowongan cpns 2019 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kebijakan pemerintah yang membuka kesempatan penerimaan CPNS dengan batas usia 40 tahun disambut gembira lulusan doktor di Manado.

Satu di antaranya Imanuel Villian Soukotta. Doktor Manajemen Sumber Daya Pantai itu menilai, kebijakan baru itu membuka pintu kesempatan bagi kalangan akademisi seperti dirinya untuk menjadi aparatur sipil negara.

Pasalnya, kata dia, tak sedikit akademisi bergelar magister dan doktor yang mau jadi PNS tapi terkendala umur.

"Ini kesempatan kembali terbuka. Sebab rata-rata usianya 30-an lumayan banyak. Kesempatan jadi PNS tertutup karena terhalang faktor usia," kata lulusan Magister Ilmu Perairan Pascasarjana Unsrat ini.

Pria 35 tahun warga Tateli Weru, Minahasa ini berharap penerimaan dibuka.

"Semoga formasi untuk latar belakang akademi saya ada. Jika ada saya akan mempersiapkan diri," kata Imanuel, dosen luar biasa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Ambon.

Kata dia, selain CPNS, saat ini ada program PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Keduanya sama merupakan pegawai pemerintah.

Bedanya, pegawai PPPK tak dijamin pensiun oleh negara. "Tapi itu sangat membantu bagi para lulusan untuk mendapatkan kerja," kata doktor lulusan Undip Semarang ini.(ndo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved