Info Sulut

Pemimpin KPK Harus Bersih Tanpa Ada Kaitan dengan Partai Politik

Berbagai tanggapan muncul ke publik mengenai figur seperti apa yang pantas untuk memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Pemimpin KPK Harus Bersih Tanpa Ada Kaitan dengan Partai Politik
Tribun manado / Rian Sekeon
Ferry Liando 

Pemimpin KPK Harus Bersih Tanpa Ada Kaitan dengan Partai Politik

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berbagai tanggapan muncul ke publik mengenai figur seperti apa yang pantas untuk memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Komisi Pemberantasan Korupsi memerlukan sosok yang bersih dan menguasai ilmu hukum yang kuat.

Seperti apa sosok figur pemimpin KPK, hal tersebut langsung ditanggapi Kepala Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Politik di Universitas Samratulangi, Manado, Jumat (6/9/2019)

“Ada beberapa kriteria menurut saya yang pantas menjadi sosok ketua KPK, yaitu melihat segi aktor orangnya pasti harus bersih tidak bermasalah hukum, tidak ada kepentingan dan tidak berasal dari partai politik, agar tugas dan pekerjaannya bisa mandiri tanpa adanya tekanan dari pihak tertentu,” ujar Liando.

Lalu dalam menjaring rekrutmen harus benar-benar profesional dalam hal panitia penyeleksi harus bekerja dengan adil dan sesuai aspek penilaian terhadap pencapaian capim KPK.

Sistem KPK perlu juga dibenahi, agar sanksi-sanksi harus diberatkan lagi karena kasus korupsi ini bukan hanya baru terjadi atau tidak kesengajaan melainkan sudah menjadi mafia dan teroganisasi yang terjadi berulang ulang terjadi.

BERITA POPULER:

KPK harus merubah orientasi, dengan hukuman bagi pelaku koruptor harus seberat beratnya dalam hal dimiskinkan harta bersama keluarganya dari hasil korupsi, tidak boleh memakai semua fasilitas negara yang diberikan.

“Agar dengan hal tersebut pastinya para pelaku pelaku koruptor baik tersangka maupun yang akan merencanakan akan merasa takut untuk melakukan tidak terpuji yang merugikan kas negara,” ujarnya.

Pastinya dengan sistem seperti ini ada efek jera dan akan mengurangi angka korupsi.

"Lebih baik mencegah dari pada pelaku sudah melakukan korupsi," tutupnya

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

KABAR ARTIS:

FOLLOW INSTAGRAM TRIBUN MANADO:

BACA INFO MENARIK:

LIKE FACEBOOK TRIBUN MANADO:

IBU KOTA BARU:

Penulis: Rian Sekeon
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved