Tajuk Tamu

Kalimantan Menyambut Ibu Kota Baru

Pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah.

Kalimantan Menyambut Ibu Kota Baru
Kolase Tribunkaltim.co/Antara
Rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke wilayah Pulau Kalimantan. Ada tiga kandidat yang jadi calon Ibu Kota Baru RI, yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur 

Oleh: Agus Herta Sumarto
Dosen FEB UMB Jakarta dan Peneliti INDEF

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan langkah besar yang dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menciptakan pemerataan ekonomi dan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selama ini pola pembangunan ekonomi Indonesia bersifat Jawa-sentris sehingga pertumbuhan ekonomi banyak terkonsentrasi di Pulau Jawa. Kontribusi Jawa terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat dominan mencapai 58 persen, diikuti oleh Sumatera (22 persen), Kalimantan (8 persen), Sulawesi (6 persen), Bali- NTT- NTB (3 persen), dan Papua (2 persen).

Distribusi dan kontribusi antarpulau tersebut memperlihatkan adanya ketimpangan pertumbuhan ekonomi antar pulau yang sangat tinggi.

Dengan kata lain, pola pembangunan ekonomi Indonesia selama ini telah menciptakan ketimpangan ekonomi yang sangat besar di antara penduduk Indonesia.

Pemindahan ibu kota negara ini diharapkan dapat mengubah pola pembangunan dari Jawa-sentris menjadi Indonesia-sentris.

Namun tentunya mengubah pola pembangunan ekonomi dari Jawa-sentris ke Indonesia-sentris tidak bisa hanya mengandalkan pemindahan ibu kota negara.

Pemerintah pusat beserta pemerintah daerah perlu membuat langkah lanjutan supaya pemindahan ibu kota negara bisa memiliki multiplier effect (efek pengganda) ekonomi dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

* Meningkatkan Kapasitas Ekonomi

Salah satu syarat utama supaya pemindahan ibu kota negara ini berdampak signifikan terhadap perekonomian daerah-daerah di Pulau Kalimantan adalah dengan meningkatkan kapasitas ekonominya.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved