News

Turis Tiongkok Dominasi Kunjungan Wisman ke Sulawesi Utara

"Selama ini memang turis Tiongkok sangat dominan. Kedepan, semoga bisa menambah kota-kota asal wisman sehingga bisa beragam."

Turis Tiongkok Dominasi Kunjungan Wisman ke Sulawesi Utara
tribun manado/andreas ruauw
Turis Tiongkok berdoa di Klenteng Kwan Kong Manado, Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulut didominasi turis asal Tiongkok.

Data BPS Sulut menyebut, pada Juli 2019 jumlah wisman Tiongkok yang datang mencapai 9. 793 orang. Jumlah itu setara 87,41 persen dari total wisman yang datang, yakni 73.137 orang.

Wisman Tiongkok sangat dominan. Bandingkan dengan urutan kedua, wisman Jerman yang jumlahnya cuma 159 orang atau setara 1, 42 persen dari total jumlah kunjungan

Kepala BPS Sulut, Dr Ateng Hartono mengatakan, dominasi wisman Tiongkok tak lepas dari program kerja sama penerbangan langsung dari sejumlah kota di Tiongkok ke Manado.

"Selama ini memang turis Tiongkok sangat dominan. Kedepan, semoga bisa menambah kota-kota asal wisman sehingga bisa beragam," kata Ateng kepada Tribun Manado, Selasa (03/09/2019).

Selain Tiongkok dan Jerman, negara asal wisman yang datang ke Sulut ialah Amerika Serikat 131 orang; Inggris 95 orang; Belanda 70 orang; Perancis 68 orang dan Malaysia 66 orang. Selengkapnya lihat grafis.

Dominannya turis Tiongkok berkat terobosan Pemprov Sulut yang membuka penerbangan langsung dari sejumlah kota di Negeri Tirai Bambu itu ke Manado.

Deputy Managing Director MM Travel, Leonard Parrangan bilang, hingga Juli 2019,  sudah 216 ribu wisman Tiongkok yang datang ke Sulut.

Jumlah itu merupakan akumulasi kunjungan sejak 2017.

MM Travel, agen perjalanan wisata yang mendatangkan wisman Tiongkok ke Manado bekerja sama dengan Lion Air

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved