News

TPA Sumompo Segera Ditutup, Sampah di Kota Manado Diselesaikan dengan Cara Pembakaran

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut mengatakan TPA Sumompo saat ini masih dalam proses penutupan dan akan dialihfungsikan menjadi ruang publik.

TPA Sumompo Segera Ditutup, Sampah di Kota Manado Diselesaikan dengan Cara Pembakaran
Istimewa
Wali Kota Manado, Vicky Lumentut meninjau TPA Sumompo beberapa waktu lalu 

TRIBUNMANAOD.CO.ID - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo akan ditutup Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan akan dialihfungsikan menjadi hutan kota.

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut mengatakan TPA Sumompo saat ini masih dalam proses penutupan dan akan dialihfungsikan menjadi ruang publik.

"TPA kita sudah sementara proses penutupan jadi TPA tahun ini saya pastikan itu sudah tidak digunakan lagi sambil menunggu TPA Regional yang dibangun oleh provinsi di daerah Minahasa Utara," ujarnya, kepada Tribunmanado.co.id, Selasa (3/9/2019).

Ia menambahkan, sambil menunggu hadirnya TPA Regional, sampah akan diselesaikan dengan dua pendekatan.

"Berbasiskan kecamatan dengan cara dibuatkan kompos dan pembakaran," ucapnya.

Lanjutnya, di setiap kecamatan nantinya akan disipkan pembuatan kompos dan tempat pembakaran sampah, sampah tidak boleh dibakar di alam terbuka ada undang-undang yang mengatur melarang itu, jadi tidak boleh ada sampah yang dibakar bebas.

"Nah kami sudah konsultasi dengan kementerian lingkungan hidup melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado menyampaikan solusi kami termasuk pembakaran sambil menunggu TPA Regional, maka di izinkan dengan menggunakan alat pembakar dengan suhu di atas 800 derajat celcius, jadi alat pembakar itu harus di atas 800 derajat celcius baru diizinkan melakukan pembakaran sampah, karena kalau di atas itu dia akan tidak akan polusi yang akan mengganggu kehidupan kita," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk sata ini alat pembakar satu-satunya milik Pemkot Manado berada di pasar retsorasi Malalayang.

"Dan alat yang sudah ada satu kami coba sekarang ada di Pasar Restorasi Malalayang dengan suhu di atas 1200 derajat celcius," ucapnya.

Pihaknya berencana akan menghadirkan 5 titik untuk diletakannya pemabakaran sampah di Kota Manado.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved