Metafisika: Variabel Yang (Sengaja) Dilupakan

Data proses dan hasil Pemilu 2019, secara khusus di Kota Manado, yang dikumpulkan dan dianalisis oleh SRaD (Shaad Research and Development)

Metafisika:  Variabel Yang (Sengaja) Dilupakan
Istimewa
Data proses dan hasil Pemilu 2019, secara khusus di Kota Manado, yang dikumpulkan dan dianalisis oleh SRaD (Shaad Research and Development) 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO- Artikel ini merupakan jawaban atau katakanlah tanggapan terhadap artikel Variabel Religi Pada Pilkada Manado 2020 yang terbit di Tribun Manado tanggal 9-10 Juli 2019 yang berisi pandangan-pandangan rasional mengenai posisi religi dalam kontestasi politik.

Sekalipun mengambil contoh-contoh yang sifatnya lebih umum, namun artikel ini ingin menunjukkan adanya kelalaian kita dalam melihat berbagai aspek, dalam hal ini aspek yang kurang dibicarakan: metafisika.

Secara umum manusia tidak mampu mengontrol dirinya sendiri tanpa adanya seperangkat pengetahuan, entah itu yang dianggap rasional ataupun irasional.

 Selain dibutuhkan hal-hal yang dianggap rasional, dibutuhkan hal–hal yang sifatnya di luar nalar untuk merangsang dan mengembangkan daya pikir manusia terhadap sumber ilmu dan pengetahuan.

Sehingga saat ini semua orang menyadari bahwa kesuksesan manusia tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan Intelektual ataupun dengan kecerdasan emosional, melainkan juga ditentukan oleh kecerdasan spiritual.

Kecerdasan intelektual diperoleh malalui akal, kecerdasan emosional diperoleh dengan jiwa, sedangkan kecerdasan spiritual diperoleh dengan qalbu.

Olah qalbu inilah yang acapkali dalam Islam, oleh manusia adalah sentral perbuatan manusia.

Tatkala manusia acuh untuk memenuhi kebutuhan dasar spiritual (basic spiritual needs), maka manusia akan tertimpa krisis spiritual (spiritual crisis).

Krisis spiritual inilah indikasi dari semua krisis.

Qalbu atau dikenal sebagai hati yang ditempatkan didalam diri manusia mempunyai bentuk yang abstrak atau tidak bisa dilihat secara jelas.

Halaman
1234
Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved