Informasi Kesehatan

Keterlibatan Tenaga Kesehatan Dalam Pemberantasan Narkoba Melalui Program P4GN Dengan Caring

Pemberantasan Narkoba menjadi masalah nasional maupun internasional yang tidak pernah berhenti dikerjakan dan belum bisa teratasi karena sangat

Keterlibatan Tenaga Kesehatan Dalam Pemberantasan Narkoba Melalui Program P4GN Dengan Caring
istimewa
Heriyana Amir 

Penulis : Heriyana Amir

Pemberantasan Narkoba menjadi masalah nasional maupun internasional yang tidak pernah berhenti dikerjakan dan belum bisa teratasi karena sangat kompleks.

Data dari United Nation Office On Drugs and Crime (UNODC) menunjukkan lebih 200 juta orang diseluruh dunia menggunakan narkoba dan sebanyak 40-50 orang setiap bulan meninggal dunia akibat dari penyalahgunaan Narkoba (Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, 2012).

Di Indonesia jumlah penyalahgunaan narkoba sepanjang 2015 tercatat penyalahgunaan narkoba naik 13% dibandingkan tahun 2014 dengan jumlah 40.253 kasus (Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, 2013)

Data kasus narkoba yang diambil dari Badan Reserse Kriminal Polri menunjukkan tren kasus narkoba meningkat dari tahun ke tahun.

Tindak Pidana Narkoba tercatat ada 1.155 kasus narkotika diseluruh Indonesia yang berhasil di ungkap polisi dalam dua pekan di tahun 2019. Peningkatan jumlah kasus narkoba disebabkan karena status Indonesia menjadi pasar utama peredaran narkoba di Asia.

Jenis narkoba yang sering di gunakan di Indonesia yaitu sabu-sabu sebanyak 350% dan ekstasi sebanyak 280%.

Kedua jenis narkoba tersebut memiliki komponen yang mudah untuk dibuat dalam bentuk makanan ataupun permen, yang bertujuan untuk menyamarkan dan menarik sasaran pengguna baru terutama di kalangan anak-anak.  

Narkoba dapat menjerat siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Mulai dari kalangan masyarakat biasa, mahasiswa, pelajar, pengusaha, pegawai, pejabat politisi hingga penegak hukum, maupun berbagai kalangan usia dan sebanyak 70% di dominasi oleh usia produktif. (Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, 2010).

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved