Pilkada Minsel 2020

PDIP Bakal Jagokan FDW-AGK di Pilkada Minsel

Kursi PDIP sama dengan Partai Golkar dan hanya kalah dalam total suara secara keseluruhan di 17 kecamatan

PDIP Bakal Jagokan FDW-AGK di Pilkada Minsel
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Frangky Wongkar 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pada Pemilu 2014 lalu, PDIP hanya memperoleh sebanyak enam kursi di DPRD Minahasa Selatan (Minsel). Namun pada Pemilu 17 April 2019 baru-baru ini banteng Minsel mampu merebut 10 kursi dari 30 kursi yang tersedia.

Kursi PDIP sama dengan Partai Golkar dan hanya kalah dalam total suara secara keseluruhan di 17 kecamatan. Dengan hasil tersebut PDIP masih bisa mempertahankan posisi sebagai wakil ketua di DPRD Minsel.

Menatap Pilkada Minsel yang dihelat 2020, PDIP tentunya akan tampil percaya diri lantaran bisa mengusung calonnya sendiri. Banteng Minsel tak perlu berkoalisi dengan partai manapun.

PDIP Minsel punya beberapa calon untuk merebut kursi eksekutif Minsel. Apalagi Wakil Bupati Minsel periode 2016-2021 merupakan Sekretaris PDIP Sulawesi Utara (Sulut), yakni Franky Donny Wongkar.

Kans Wongkar untuk maju sebagai bakal calon bupati periode 2021-2026 terbuka lebar. Sejumlah kader PDIP Minsel bahkan sudah memasang baliho Wongkar di beberapa ruas jalan utama di kabupaten ini.

Selain Wongkar ada nama Gemy Asiano Kawatu yang merupakan birokrat anda Sulut dan sangat dekat dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang juga Ketua DPD PDIP Sulut.

Selepas kedua nama itu ada kader lainnya seperti Stevanus Lumowa, Ketua DPC PDIP Minsel, Elsje Sumual, Anggota DPRD Minsel terpilih, Jerry Pangkey dan beberapa nama lainnya.

Pengamat politik Sulut, Doktor Fanley Pangemanan, Senin (24/6/2019) mengatakan PDIP yang pada pemilu kali ini tampil gemilang dan nyaris leading mengungguli kekekaran partai berlambang beringin, pasti ada saja kejutan khusus yang mau dipertontonkan mereka swhingga membuat Pilkada Minsel akan lebih bergeliat dan lebih menarik dari lalu.

Tampilan PDIP saat ini, jelas akan menyuguhkan figur berkualitas, berpengalaman, berkapasitas dan dikenal baik warga minsel. Artinya, tak akan mau kalah dengan kompetitor partai inkamben.

Mereka tak akan rela kehilangan muka dan gengsi politisnya. Kenapa? karena tokoh di belakang layar yang kemudian menjadi dalang politiknya ialah, bukan saja figur nomor satu nyiur melambai namun punya pengaruh di tingkat nasional.

Sungguh hal tersebut menjadikan pekerjaan rumah mesin partai di tingkat Minsel untuk berbuat lebih. Berdasarkan komando, Paling tidak ada satu kata yang tak bisa ditawar oleh jajaran pengurus yakni kata menang.

"Alternatif nama tokoh, kepada siapa dipercayakan masih tersimpan rapat pada elit internal. Yang jelas bahwa secara otonomi partai ini mutlak berhak mengusung paslon. Memang deretan nama balonbup seperti Franky Donny Wongkar, Asiano Gemy Kawatu dan yang lainnya menurut saya sangat layak," kata dosen Unsrat Manado ini.

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved