Gugatan Pemilu

Hasil Putusan Gugatan Jerry Sambuaga,  KPU : Tidak Ada Hitung Ulang

Sidang yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Abhan didampingi Ratna Dewi Pettiolo, Moh Afifudin, Fritz Edward Siregar dan Rachmad Bagdja

Hasil Putusan Gugatan Jerry Sambuaga,  KPU : Tidak Ada Hitung Ulang
Istimewa
Gugatan Jerry Sambuaga di Kabulkan 

TRIBUNMANADO. CO. ID - Majelis Hakim memutuskan gugatan Pelanggaran Administrasi Pemilu yang diajukan  Jerry  Sambuaga caleg DPR RI partai Golkar, Kamis (13/6/1019)

Sidang yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Abhan didampingi Ratna Dewi Pettiolo, Moh Afifudin,  Fritz Edward Siregar dan Rachmad Bagdja.

Dalam sidang tersebut,  Majelis akhirnya menjatuhkan amar putusan di antaranya memerintahkan KPU Minsel melakukan perbaikan administrasi pada formulir DA-1 DPR kecamatan Maesaan. 

Dengan Demikian  dari 7 kecamatan yang digugat hanya 1 kecamatan yang menurut majelis terjadi kesalahan administrasi dalam rekapitulasi yaitu Kecamatan Maesaan.

Komisioner KPU Sulut,  Meidy Tinangon mengatakan, majelis memerintahkan KPU Minsel melakukan perbaikan administratif pada DA-1 kecamatan Maesaan. 

Namun demikian kesalahan administrasi tersebut tidak dilakukan oleh Terlapor KPU Sulut dan KPU Minsel melainkan oleh PPK Kecamatan Maesaan.  

Baca: Gugatan Jerry Sambuaga Dikabulkan, KPU Minsel Harus Hitung Ulang Perolehan Suara

Baca: Kantor Imigrasi Periksa 42 Tentara AS Yang Tiba di Manado

Baca: Di Desa Ini Pria Menggunakan Pakaian Wanita, Ternyata Ini Yang Dilakukan

Majelis dalam pertimbangan hukumnya menyebutkan bahwa  fakta persidangan terdapat perbedaan data C1 caleg Partai Golkar di 7 kecamatan pada 13 TPS namun ternyata telah dilakukan koreksi di tingkat kecamatan sesuai mekanisme dengan mencocokan C1 dengan Formulir Model C1 Plano. 

Namun demikian  formulir C1 pelapor masih terdapat perbedaan dengan hasil rekapitulasi PPK tingkat kecamatan Maesaan. 

Untuk memenuhi prinsip kepastian hukum maka Majelis pemeriksa  memerintahkan KPU Kabupaten Minahasa Selatan melakukan perbaikan dokumen pada formulir Model DA 1 kecamatan Maesaan.

Kadiv hukum KPU sulut  dalam putusan ini tidak disebutkan jika KPU Sulut dan Minsel melakukan pelanggaran administrasi, karena kejadiannya di tingkat PPK. 

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved