Berita Boltim

Maraknya Galian C di Boltim Belum Kantongi Izin Resmi, Sjukri: 20 Pelaku Usaha Urus Izin

Maraknya galian C di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, namun belum kantongi izin resmi dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Maraknya Galian C di Boltim Belum Kantongi Izin Resmi, Sjukri: 20 Pelaku Usaha Urus Izin
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Maraknya Galian C di Boltim Belum Kantongi Izin Resmi, Sjukri: 20 Pelaku Usaha Urus Izin 

Maraknya Galian C di Boltim Belum Kantongi Izin Resmi, Sjukri: 20 Pelaku Usaha Urus Izin

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Maraknya galian C di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, namun belum kantongi izin resmi dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sjukri Tawil, pengurusan izin galian C sekarang menjadi wewenang Provinsi. Karena adanya undang-undang nomor 23 tahun 2014. Salah satunya kewenangan keluarkan izin pertambangan galian C dan perizinan zona laut 0-12 mil.

Sebelumnya kewenangan ini, menjadi tanggung jawab Kabupaten/Kota, sekarang pindah ke Pemerintah Provinsi. Namun sudah 20 pelaku usaha datang melapor untuk mengurus izin.

"Kami sudah mengarahkan pengurusan izin ke Provinsi. Namun hingga kini belum ada satu pun kantongi izin resmi,"ujar Sjukri Tawil, Jumat (12/04/2019).

Kata dia, galian C di Boltim, dikelolah secara ilegal, karena seluruh pelaku usaha belum mengurus izin. Ada beberapa kendala yang dihadapi yakni dana dan jarak terlalu jauh di Provinsi.

Lanjut dia, harusnya pemerintah Provinsi mempermudah pengurusan izin, agar pelaku usaha dapat kantogi izin resmi. Sebab posisi Kabupaten Boltim, lagi membangun infrastruktur.

Anggota DPRD Kabupaten Boltim, Argo Sumaiku mengatakan, ada beberapa masyarakat yang mengeluh mengenai pengurusan surat izin galian C, sebab mereka rasa sudah dipersulit. Karena bolak-balik Boltim dan Manado.

Sehingga mereka pikir, izin ini mempersulit mereka. Harusnya wewenang tersebut dikembalikan lagi ke daerah. Agar pengurusan izin dapat diurus segera dan cepat prosesnya.

"Masalah galian C ini, harus segera diselesaikan mengingat Boltim dalam situasi pembangunan infrastruktur," ujar Argo Sumaiku.

(Tribunmanado.co.id/Vendi Lera)

BERITA POPULER:

Baca: Pendukung Minta Prabowo dan Titiek Soeharto Rujuk Kembali, Ini Alasan Keduanya Bercerai

Baca: Pria asal Palembang Bunuh Diri dan Tinggalkan Surat Wasiat untuk Jokowi, Begini Isi Suratnya!

Baca: 4 Video Mesum Sesama Kepala Dinas Terbongkar, Istri Langsung Bertindak dan Lapor Polisi

TONTON JUGA:

Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved