News Analysis

Dr Ferry Liando: Antisipasi Kendala Distribusi Logistik

Jelang hari H Pemilu 2019, KPU perlu mengantisipasi agar distribusi logistik dapat berjalan dengan baik.

Dr Ferry Liando: Antisipasi Kendala Distribusi Logistik
tribunmanado.co.id/Ryo Noor
Dr Ferry Liando, Pengamat Pemilu Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jelang hari H Pemilu 2019, KPU perlu mengantisipasi agar distribusi logistik dapat berjalan dengan baik.

Distribusi logistik akan berjalan baik apabila pertama, dipastikan apakah logistik sudah berada di TPS sebelum hari pemungutan suara.

Pengalaman pada pemilu dan Pilkada sebelumnya bahwa ada logistik nanti tiba di TPS ketika waktu pencoblosan sudah di mulai.

Daerah-daerah yang rawan seperti topologi wilayah yang bergunung-gunung dan melewati transportasi laut harus didahulukan.

Kedua, harus dipastikan bahwa logistik yang distribusi tidsk mengalami cacat fisik sehingga tidak akan diragukan keabsahannnya. Surat-surat suara yang rusak harus diganti sebelum didistribusi.

Ketiga, harus dipastikan kelengkapan logistik seperi alat coblos, tinta, jumlah surat suara dan dokumen-dokumen penting lainnya seperi berita acara.

Perlu dipastikan apakah utuh pada saat pengiriman dan utuh pada saat diterima di TPS.

Keempat, harus dipastikan apakah logistik diterima sesuai dengan alamat TPS.

Jangan lagi ada logistik yang tertukar. Pengalaman pada pemilu 2014, ada logistik milik TPS lain tapi terkirim di TPS lainnya.

Kelima, perlu dipastikan apakah logistik itu terkawal dengan ketat. Jangan sampai ada pihak yang memanfatakn distribusi logistik untuk memanipulasi logistik, apalagi kotak suara yang berisi berbagai dokumen baik surat suara, formulir-formulir dan dokumen lainya tidak terbuat dari aluminium dan tidak terkunci menggunakan gembok, sehingga jika ada yang nakal, bisa saja ada yang mengakali untuk melakukan hal yang diinginkan.

Pihak kepolisian yang mengawal kotak suara harus waspada, siap dan siaga.

Keadaan penyelengara saat ini dalam kondisi kelelahan. Karena mereka sibuk mempersiapkan tahapan yang sangat krusial sebelum pencoblosan. Energi mereka terkuras, sehingga memungkingkan terjadinya hambatan dalam pengawasan secara optimal.

Keadaan ini bisa saja ada pihak yang memanfatakan. Saya optimis semua penyelengara mampu bekerja dengan baik meski tahapan begitu berat.

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved