Viral di Facebook 'Program Berbagi Berkah', OJK: Hati-hati Investasi Bodong Berkedok Arisan Online

Viral di Facebook 'Program Berbagi Berkah', OJK: Hati-hati Investasi Bodong Berkedok Arisan Online.

Viral di Facebook 'Program Berbagi Berkah', OJK: Hati-hati Investasi Bodong Berkedok Arisan Online
Kolase Tribun Manado/Internet/Capture Facebook
Ilustrasi OJK dan Capture Facebook Program Berbagi Berkah 

Viral di Facebook 'Program Berbagi Berkah', OJK: Hati-hati Investasi Bodong Berkedok Arisan Online

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Masyarakat di Sulawesi Utara lagi dihebohkan dengan 'Program Berbagi Berkah' yang viral di media sosial beberapa hari terakhir.

Program itu menawarkan dana melalui saling transfer antar-rekening bank peserta. Satu peserta diminta mentransfer dana masing-masing Rp 25 ribu kepada empat nomor rekening peserta.

Peserta telah mentransfer dana dijanjikan mendapatkan imbalan dari transfer balik dari peserta berikutnya dengan dana berlipat jauh lebih besar dari 'modal' awal. 

Menyikapi penawaran Program Berbagi Berkah yang mirip dengan arisan online ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulutgomalut mengimbau masyarakat berhati-hati.

Pasalnya, penawaran tak berbeda dengan arisan online yang memanfaatkan media sosial (Facebook) untuk penyebaran informasi.

Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal Industri Keuangan Non-bank (IKNB) dan Edukasi Perlindungan Konsumen OJK Sulutgomalut, Ahmad Husain mengatakan, masyarakat harus waspada dan mencermati lebih dulu penawaran investasi.

"Yang jelas ini bukan skema investasi yang benar dan sesuai ketentuan yang diatur oleh OJK," ujar Ahmad, Minggu (7/6/2019).

Ahmad mengatakan, penawaran itu mirip 'money game', dimana uang yang dihimpun dan dibagikan berdasarkan member (peserta) yang direkrut.

"Semakin banyak member semakin besar keuntungan padahal tidak ada produk yg dijual. Ini ciri ciri investasi bodong," ujar Ahmad.

Halaman
1234
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved