Kapal Genset Disegel Bea Cukai, PLN Sulutteggo Lakukan Pemadaman Sementara Karena Kehilangan 30 MW

PLN UIW Sulutteggo melakukan pemadaman sementara mulai Minggu (24/2/2019) pukul 00.00 WITA.karena kapal MVPP Zeynep Sultan belum bisa beroperasi

Kapal Genset Disegel Bea Cukai, PLN Sulutteggo Lakukan Pemadaman Sementara Karena Kehilangan 30 MW
NET
Karadeniz Powership Zeynep Sultan, sebuah Pembangkit Terapung berkapasitas 120 MW 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- PLN Unit Induk Wilayah Sulut Sulteng dan Gorontalo (PLN UIW Sulutteggo) melakukan pemadaman sementara mulai Minggu (24/2/2019) pukul 00.00 WAita

Hal ini, kata Manajer Komunikasi PLN UIW Sulutteggo, Jantje Rau karena kapal genset MVPP Zeynep Sultan yang disewa PLN belum bisa beroperasi. 

"Pembangkit sewa di Amurang kapasitas 120 Megawatt (MW) diberhentikan (disegel) untuk sementara waktu oleh Bea Cukai karena masih menunggu proses administrasi perpanjangan izin impor yang habis masa berlakunya," ujar Rau dalam keterangan tertulisnya ke Tribunmanado.co.id, Minggu (24/2/2019) siang.

Sehubungan dengan itu sistem kelistrikan interkoneksi Sulawesi Utara - Gorontalo memgalami defisit daya kurang lebih 30 MW.

Baca: Pascaerupsi Karangetang, Genset PLN Tiba di Batubulan

"Karen  itu terpaksa akan dilakukan pemadaman bergilir terhitung mulai hari ini sampai dengan segel dibuka kembali oleh pihak Bea Cukai setelah proses perpanjangan izin impor selesai," katanya. 

Jantje mengatakan, PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan akibat kondisi ini.

Kapal Pembangkit Sewa di Amurang 120 MW merupakan solusi temporer untuk mengatasi defisit daya yang terjadi pada tahun 2015 dan dioperasikan sejak tanggal 28 Januari 2016.

Kapal Pembangkit Listrik Terapung Karadeniz Powership Zeynep Sultan 120 MW di Amurang memasok sekitar 30 persen kebutuhan listrik di Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo. Masa sewa kapal pembangkit tersebut akan berakhir pada tahun 2021 atau setelah pembangkit permanen yg masih dibangun telah siap dioperasikan. 

Baca: Pemerkosaan Terhadap Siswi SMA di Manado, Kapolsek : Tersangka Tidak Mau Mengaku

Unggahan PLN Suluttenggo dan Kapal Zeynep Sultan
Unggahan PLN Suluttenggo dan Kapal Zeynep Sultan (FACEBOOK/INTERNET)

 

Tanggapan Warganet

PLN Suluttenggo mengumumkan penyegelan dan rencana pemadaman listrik lewat akun Facebook PLN Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo.

Proses penyegelan mulai Minggu 24 Februari 2019 pukul 00.00 Wita.

Halaman
123
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved