Tulude di Bolsel, Herson Mayulu dan Iskandar Kamaru Dapat Gelar Adat Nusa Utara

Masyarakat Nusa Utara sepakat memberikan gelar adat karena keduanya sangat banyak partisipasi baik pembangunan dan kerja nyata.

Tulude di Bolsel, Herson Mayulu dan Iskandar Kamaru Dapat Gelar Adat Nusa Utara
Tribun Manado
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan mantan bupati, Herson Mayulu, mendapatkan gelar adat dari warga Nusa Utara dalam festival Tulude di Desa Dumagin, Pinolosian Timur, Senin (11/2/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Nielton Durado

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Masyarakat Nusa Utara di Bolaang Mongondow Selatan memberi gelar adat kepada Bupati Iskandar Kamaru dan mantan bupati, Herson Mayulu, dalam festival Tulude yang dipusatkan di Desa Dumagin, Pinolosian Timur, Senin (11/2/2019) malam.

Iskandar Kamaru memperoleh gelar Malambeng Maka Koko Lambung, sementara Herson Mayulu mendapatkan gelar Datung Banua.

Kedua tokoh warga Bolsel ini bukanlah putra asli asal Nusa Utara.

Bagi masyarakat Nusa Utara, kedua gelar tersebut sangatlah penting karena hanya diberikan kepada tokoh-tokoh yang punya peranan penting pada kehidupan masyarakat.

"Ini adalah gelar adat pertama milik masyarakat Nusa Utara tapi diberikan kepada dua orang yang bukan orang asli Nusa Utara," ujar Pendeta Ambrosius Makassar, anggota Dewan Adat Masyarakat Nusa Utara.

Baca: Tolak Bala 2019, Warga Sangihe Di Boltim Gelar Tulude

Baca: Bupati Yasti Usulkan Perayaan Tulude di Bolmong Tahun Depan Lebih Meriah

Baca: Meski Sempat Hujan, Pagelaran Adat Tulude di Bitung Meriah

Kata dia, masyarakat Nusa Utara sepakat memberikan gelar adat karena keduanya sangat banyak partisipasi baik pembangunan dan kerja nyata di tengah kehidupan warga.

"Atas perkembangan itulah, masyarakat Nusa Utara lalu sepakat untuk kedua gelar adat ini diberikan kepada Pak Haji Herson Mayulu dan Pak Bupati Iskandar Kamaru," ucapnya.

Mayulu mengaku sangat bangga atas gelar adat yang diberikan masyarakat kepada dirinya.

"Sangat bangga. Dengan gelar adat ini saya akan selalu berusaha keras menjaga nama baik dari masyarakat Nusa Utara," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved