Lava Gunung Karangetang

Cerita Bupati Sitaro yang Ingin Melihat Lebih Dekat Lava Karangetang tapi Dicegah

Bupati Evangelian ingin melihat lebih dekat lokasi guguran lava namun langsung dicegah karena lokasinya sudah sangat dekat dan berbahaya.

Cerita Bupati Sitaro yang Ingin Melihat Lebih Dekat Lava Karangetang tapi Dicegah
Tribun Manado
Bupati Sitaro berbincang dengan Dandim 1301 Sangihe Letkol Inf Parenrengi dan Kapolsek Siau Barat Kompol Johanis Sasebohe saat memantau lokasi bencana guguran lava Gunung Karangetang, Senin (4/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen memantau perkembangan bencana alam guguran lava Gunung Karangetang, Senin (4/2/2019).

Sasingen terlebih dahulu mengunjungi lokasi yang dijaga pihak Polsek Siau Barat dan Koramil 02 Siau, tepatnya di Kampung Kawahang.

Di situ ia berbincang dengan petugas Yudia Tatipang, pemantau Gunung Karangetang; Dandim 1301 Sangihe Letkol Inf Parenrengi, dan Kapolsek Siau Barat Kompol Johanis Sasebohe.

Sempat ingin melihat langsung aliran lava yang berada di Batubulan, Bupati dicegah lantaran sudah sangat berbahaya karena sudah sangat dekat dengan jembatan Batubulan.

"Daripada berisiko awan panas, lebih baik tidak usah," katanya.

Baca: Asap Putih Kebiruan Masih Keluar dari Puncak Karangetang

Baca: Guguran Lava Karangetang Tutup Akses Jalan Kawahang-Batubulan

Ia berterima kasih kepada petugas TNI dan Polri lantaran siap siaga turun lokasi saat mendapat laporan terjadinya guguran lava.

"Saya berterima kasih atas kesiapsiagaan dari TNI, Polri, dan Basarnas Sangihe yang sejak kemarin sudah ada di lapangan, bekerja sama dengan pemerintah di Sitaro untuk mengevakuasi masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan, sampai sekarang warga masih tetap diimbau untuk waspada dan akan tetap dievakuasi bagi mereka yang memang dianggap terlalu dekat dengan aliran lava.

"Untuk warga yang masih di kampung Batubulan sampai tadi kami imbau untuk dievakuasi, dan sudah berusaha baik lewat laut, tapi masih ada yang berusaha bertahan di sana. Tapi kalau mereka meminta untuk dievakuasi kami akan evakuasi," ujarnya.

Baca: BPBD Sulut Selesai Tangani Banjir Manado, Lanjut Erupsi Gunung Karangetang

Baca: Gunung Karangetang di Sitaro Muntahkan Lava Panas, Wanita ini Hanya Bawa Alkitab saat Dievakuasi

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved