Ferdinand Mewengkang Tegaskan DPRD Sulut Awasi Pemenuhan Hak Pilih Warga Termasuk Tahanan

Hak memilih bagi warga negara perlu mendapat perlindungan maksimal dari pemerintah

Ferdinand Mewengkang Tegaskan DPRD Sulut Awasi Pemenuhan Hak Pilih Warga Termasuk Tahanan
ISTIMEWA
Kunjungan Komisi I DPRD Sulut di Disdukcapil Kota Kotamobagu 

Ferdinand Mewengkang Tegaskan DPRD Sulut Awasi Pemenuhan Hak Pilih Warga Termasuk Tahanan

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Hak memilih bagi warga negara perlu mendapat perlindungan maksimal dari pemerintah.

Ketua Komisi I DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang mengatakan, perlindungan dimaksud meliputi jaminan dan kepastian warga negara berhak turut serta dan berperan aktif dalam pesta demokrasi

"Karena suara mereka juga sangat berpengaruh bagi arah masa depan bangsa Indonesia," kata dia kepada wartawan Tribunmanado.co.id Sabtu (19/1/2019).

Komisi I DPRD berkewajiban mengawasi pemenuhan hak tersebut, termasuk narapidana juga berhak memilih sebagai WNI.

Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan, Komisi I pun mencoba memastikan hak itu dipenuhi, sebelumnya sudah melakukan pengawasan ke lapas dan rutan.

Baca: Hasil Reses DPRD Sulut, Masyarakat Tuntut Pemerintah Selesaikan Jalan Lingkar Manado

Jumat kemarin, Komisi I terdiri dari Ferdinand Mewengkang, James Tuuk, Sjenny Kalangi, Hanafi Sako dan Mursan Ardiansyah Imban didampingi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sulut melakukan kunjungan kerja ke kantor Disdukcapil Kota Kotamobagu dan Rumah Tahanan (Rutan) Kota Kotamobagu.

Kunjungan kerja diterima langsung Kepala Disdukcapil Kota Kotamobagu Virgina Olii. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Supervisi dan Monitoring Evaluasi Perekaman e-KTP.

e-KTP kotamobagu
e-KTP kotamobagu (ISTIMEWA/KOTAMOBAGUKOTA.GO.ID)

Komisi I bersama Tim Supervisi dan Monitoring Evaluasi Provinsi Sulut kemudian meninjau tempat pelaksanaan perekaman e-KTP di Rutan Kota Kotamobagu, sekaligus turun langsung melihat kondisi ruang tahanan dan berbincang-bincang dengan para tahanan.

 Baca: Forum Bincang Sore Pemilu 2019 digagas Kapolda Sulut Berlangsung Gembira

Komisi I pada kesempatan tersebut menyerahkan e-KTP secara simbolis kepada salah seorang penghuni Rutan Kotamobagu, diwakili Ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang.

Lanjut dia, perekaman e-KTP dilaksanakan serentak di seluruh lapas dan rutan di Indonesia yang merupakan tindak lanjut edaran dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM), terkait Pemilu 17 April 2019. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Chintya Rantung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved