Breaking News:

CPNS 2018

Wanda Ngaku Kesulitan Isi Soal Tes CPNS

Salah seorang peserta, Wanda, asal Tomohon menuturkan, ia kesulitan pada materi wawasan kebangsaan saat tes CAT CPNS 2018

Penulis: Finneke | Editor:
Ist
Tes CAT 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Seperti tes CPNS di Provinsi Sulawesi Utara yang menggugurkan banyak peserta, hal yang sama juga terjadi pada tes di Pemerintah Kota Manado. Banyak pelamar dinyatakan gugur dalam tes ini.

Salah seorang peserta, Wanda, asal Tomohon menuturkan, ia kesulitan pada materi wawasan kebangsaan. Banyak pelajaran SMP yang ia tak ingat lagi. Apalagi persiapannya memang tak banyak.

"Saya beli buku latihan, tapi tetap saja susah. Saya belajar dua minggu sebelum tes, itu pun tak intens. Harus persiapkan diri lebih matang kalau mau lolos," ujarnya Minggu (4/11).

Menurutnya waktu 90 menit untuk 100 soal memang tak cukup. Apalagi soal matematika. Karena soal matematika membutuhkan waktu yang lumayan satu soal.

"Sementara perhitungannya satu soal tak sampai satu menit. Saya lewat dulu soal sudah, pas kembali sudah mau habis waktu. Terpaksa mengarang," ujarnya.

Wanda mendapat nilai untuk tes wawasan kebangsaan 70, tes intelengia umum 80 dan tes kepribadian 140. Angka ini nyaris memenulu nilai standar yang berurutan yakni 80, 80 dan 143.

"Capaian saya nyaris, tak sampai passing grade. Sebenarnya kalau benar saja satu soal di TWK dan satu soal di TKP saya bisa lolos nilai standar," ujarnya.

Hal yang sama juga dialami peserta lainnya. Rata-rata kesulitan mereka tak jauh dengan apa yang disampaikan Wanda. Formasi tes SKD Pemkot Manado dibagi dua hari yakni Sabtu dan Minggu.

Di mana tes yang dilaksanakan adalah umum, gabungan dari semua jurusan yang diterima sesuai format penerimaan CPNS Pemkot Manado Tahun 2018. Hari Sabtu sebanyak 1.000 pelamar sisanya 715 menjalani tes pada hari Minggu. (fin)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved