Sengit Perang Dagang AS-China: Trump Tambah 'Jegal' Senilai US$ 100 Miliar, Brasil Ambil Untung

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali memanaskan bara perang dagang dengan China. Trump merilis pernyataan akan menambah target

Sengit Perang Dagang AS-China: Trump Tambah 'Jegal' Senilai US$ 100 Miliar, Brasil  Ambil Untung
afp
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping 


TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali memanaskan bara perang dagang dengan China. Trump merilis pernyataan akan menambah target tarif impor barang China sebesar US$ 100 miliar.

Kenaikan tarif impor ini dinyatakan Trump sebagai respon atas aksi balasan China yang tidak adil. "Daripada memperbaiki kesalahannya, China telah memilih untuk merugikan petani dan produsen kami," kata Trump, seperti dikutip Reuters (5/4).

Pemerintah kembali tawarkan proyek infrastruktur ke investor China
Sengitnya perang dagang AS vs China

Aksi saling lempar tarif impor antara AS dan China ini telah memicu kekhawatiran akan perang dagang yang akan menghancurkan pertumbuhan global.

Anggota parlemen Republik dari negara-negara bagian Barat dan Barat Tengah AS telah menyuarakan kekhawatiran tentang pukulan besar bagi eksportir pertanian AS.

 
"Mengingat pembalasan China yang tidak adil, saya memerintahkan perwakilan perdagangan AS untuk mempertimbangkan apakah tarif tambahan US$ 100 miliar bisa dilakukan dengan mempertimbangkan ketentuan 301 dan mengidentifikasi produk-produk yang bisa dikenai tarif," ungkap Trump dalam pernyataan, Kamis (5/4).

Komentar Trump pasca pasar AS ditutup ini mendorong aksi jual yang tajam di pasar berjangka ekuitas AS.

Produk S&P 500 e-mini futures turun 1,3%. Gerakan serupa tecermin pada produk futures Dow dan Nasdaq. Di pasar mata uang, dollar AS jatuh terhadap yen Jepang, turun 0,30% menjadi 107,06.

 
 

Sengitnya perang dagang AS vs China

Ketegangan hubungan dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) memuncak bin sengit. Selasa (3/4), Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump merilis proposal tarif impor hingga sebesar 25% terhadap sekitar 1.300 produk asal China.

Donald Trump
Donald Trump (afp)
Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved