Bolmong - Kanim Kelas III Kotamobagu dan PT Pos Jalin Kerjasama

Guna menunjang pelayanan publik dan peningkatan kinerja kepada publik Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III Kotamobagu

Bolmong - Kanim Kelas III Kotamobagu dan PT Pos Jalin Kerjasama
CHRISTIAN WAYONGKERE
Kanim Kelas III Kotamobagu dan PT Pos Kerjasama 

TRIBUNMANADO.CO.ID,KOTAMOBAGU - Guna menunjang pelayanan publik dan peningkatan kinerja kepada publik Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III Kotamobagu melaksanakan penanda tanganan perjanjian kerjasama dengan kantor pos Kota Kotamobagu, Rabu (24/1) di ruang rapat Kanim Kelas III Kotamobagu.

"Jadi perjanjian kerjasama tentang pelayanan pembayaran PNBP Keimigrasian dan pelayanan pengiriman Paspor," kata Joni Rumagit kepala Kanim Kelas III Kotamobagu.

Ini merupakan kebijakan dari pusat baik PT Pos Indonesia dan Dirjen Keimigrasian, untuk maksimalkan pelayanan kepada masyarakat dari dua lembaga ini.

Dijelaskan Joni, masyarakat cukup sekali datang, bawa persyaratan administratif KTP, KK akta lahir, ijazah dan persyaratan lain bisa dapat paspor. Dan akan diantar kantor pos Paspor yang sudah jadi, ini dari hitung-hitungan waktu, biaya bensin dan lainnya oleh masyarakat.

"Kalau kantor Pos yang antar lebih baik dan ifisien tiba di tempat dengan kemasan baik dan kami tidak was-was bisa diantar Pos Indonesia," urainya.

Dengan ini mengurangi pengguntingan paspor yang telah di buat karena sudah melewati batas waktu pengambilan.

"Jadi masyarakat bisa menerima kemudahan untuk pembuatan dan pergantian paspor serta pembayaran,"tambahnya.

Joni menilai cara seperti ini bisa bantu masyarakat lebih mudah dan efisian karena dua lembaga ini memakai sistem jemput bola.

Penandatangan dilakukan oleh Kepala kantor Pos Kotamobagu Hamran Masman dalam sambutanya mengatakan kerjasama ini merupakan turunan dari Dirjen Imigrasi dan PT Pos Indonesia kantor regional X Sulawesi, Maluku, Gorontalo dan lainnya serta 16 kantor termasuk Kotamobagu
yang menjangkau satu Kota dan empat Kabupaten.

"14 kantor cabang tersebar di empat Kecamatan, kecuali Boltim belum ada di pusat kota hanya ada di Modayag. Melayani juga sampai di Poskesda, selama tiga kali seminggu petugas mengunjungi dan melakukan pengantaran ke wilayah yang belum ada kantor pos,"‎ terang Hamran.

Apresiasi atas kepercayaan kepada kami untuk melakukan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) setoran pembuatan paspor, namun ada sedikit masalah di kantor regional menyiapkan mobil sudah diajukan namun belum ada. "Ada tempat yang disiapkan Kanim nanti alatnya akan kami siapkan dari Pos sambil tunggu mobil, jadi selain pembayaran PNBP di Kanim bisa melakukan pelayanan lain tinggal dibuatkan jadwal," kata dia.

‎Dijelaskannya untuk teknis pengiriman dalam Kotamobagu dan Bolmong disebut jalur pantura satu hari sudah diterima masyarakat yang melakukan pengurusan , dengan biaya rp 23 ribu, kalau diluar kotamobagu lebih murah rp 15 ribu. "Karena Bolomong dan Kotamobagu sistemnya express, untuk luar Kotamobagu dan Bolmong tiga hari maksimal diantar ke rumah masyarakat," katanya.

Adapun proses pengiriman Paspor oleh PT Pos diasuransikan maksimal rp 3 juta per satu paspor dan proses pengiriman bisa dilacak di aplikasi PT Pos di smart phone.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved